adplus-dvertising

Jadi Tuan Rumah Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi, Butur Kontingen Terbanyak

Aris, telisik indonesia
Sabtu, 20 November 2021
1012 dilihat
Jadi Tuan Rumah Festival Seni Qasidah Tingkat Provinsi, Butur Kontingen Terbanyak
Penyambutan rombongan Festival Seni Qasidah di Buton Utara. Foto: Ist.

" Selaku tuan rumah, Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Buton Utara (Butur) memiliki kontingen terbanyak "

BUTON UTARA, TELISIK.ID - Selaku tuan rumah, Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Buton Utara (Butur) memiliki kontingen terbanyak.

"Alhamdulillah persiapan panitia sudah 100 persen. Dari 17 kabupaten/kota terdapat kontingen sebanyak 1131 orang, dengan kontingen terbanyak Buton Utara selaku tuan rumah 140 orang," kata Sekretaris Daerah Butur, Muh. Hardhy Muslim, S.H., M.Si saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Sabtu (20/11/2021).

Selanjutnya, ia mengatakan, kontingen Kota Kendari 105 orang dan Kabupaten Buton Tengah 100 orang. Sedangkan Kabupaten Buton Selatan semula 45 orang bertambah menjadi 55 orang.


Sementara itu, kata dia, Kabupaten Muna batal mengikuti Festival Seni Qasidah karena sesuatu hal.

"Namun jam 09.00 melalui Kabag Kesra menyatakan kontingen Kabupaten Muna batal ikut karena sesuatu hal," ungkap Hardhy Muslim.

Kabupaten Buton Utara tuan rumah Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Lebih lanjut, tambah dia, hari ini ada 5 kontingen kabupaten/kota yang tiba di Butur, yakni Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Konawe, Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan.

Penyambutan kontingen Kabupaten Wakatobi dengan jumlah 60 orang dan diterima langsung Asisten III Setda Butur.

"Kebetulan ketuanya Asisten I Setda Kabupaten Wakatobi, menyusul besok Ibu bupati (istri pak Haliana) beserta 10 orang rombongannya," sebutnya.

Ia menambahkan, kontingen Wakatobi tiba di Butur pada pukul 14.00 Wita dan diterima langsung Pemda Butur pada pukul 14.30 Wita dengan pengalungan bunga dan penyambutan tarian adat.

Selanjutnya, tepat pada pukul 16.30 Wita, rombongan Kabupaten Konawe berjumlah 67 orang tiba di Butur melalui perjalanan darat.

"Sebelumnya Bupati Konawe Kerry Konggoasa tiba duluan di rujab Bupati jam 12.00," ungkap Hardhy Muslim.

Baca Juga: Peserta SKB CPNS Diminta Tidak Percaya Tawaran Orang Luar Demi Kelulusan

Sedangkan rombongan Kota Kendari tiba di Butur pada pukul 16.55 Wita dengan jumlah rombongan 105 orang. Selanjutnya pada Minggu (21/11/2021) besok ada 9 kabupaten/kota yang akan tiba di Butur.

"Untuk penyeberangan kapal Feri Alhamdulillah ada penambahan satu kapal, sehingga yang semula dua menjadi tiga kapal Feri," imbuhnya.

Hardhy Muslim juga mengatakan, di setiap penyambutan tamu tetap mengedepankan Protokol Kesehatan COVID-19, mulai pengukuran suhu tubuh, pembagian masker dan swab antigen.

Ia menyebut, sempat ada keraguan dari kontingen Buton Selatan yang rencananya hari Minggu akan ke kota Ereke Butur menggunakan kendaraan darat melalui Kecamatan Kambowa dan Bonegunu dengan adanya demo masalah jalan selama beberapa hari.

Namun, kata dia, Kapolres Butur dan Dandim 1429 Butur menjamin situasi daerah Butur aman dan kondusif setelah Bupati Butur pada Kamis lalu menemui dan menerima aspirasi mereka (demonstran).

Pembukaan Festival Seni Qasidah sendiri dijadwalkan pada Senin (22/11/2021) pukul 14.00 oleh Gubernur Sultra Ali Mazi dan malamnya ditindaklanjuti dengan acara Gala Dinner (makan malam bersama kontingen) di Rujab Bupati Butur.

Selanjutnya, pelaksanaan lomba dimulai hari Selasa, Rabu dan Kamis dengan menampilkan 5 cabang yang dilombakan, antara lain, bintang vokalis, qasidah klasik, fashion show, kolaborasi, dan nasyid.

Baca Juga: Mediasi Gagal, Nelayan di Kolut Ancam Boikot Pembangunan Bandara

"Hari Jumat malam direncanakan pengumuman juara sekaligus penutupan," pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Sekretariat kegiatan, La Muda mengatakan, kesiapan untuk semua kafilah sudah clear, tinggal menunggu penjemputan di Aula Bappeda Butur.

Setelah diterima, mereka langsung mendaftarkan diri. Kemudian mereka ke penginapan masing-masing.

“Nanti besok baru ada teknikal meeting. Bagi kafilah diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan, mengikuti prosedur dari pemerintah yang telah ditetapkan,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Aris

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga