adplus-dvertising

Jadi Tuan Rumah SEA Games 2021, Ini Keunikan Hanoi Ibu Kota Vietnam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 17 Mei 2022
430 dilihat
Jadi Tuan Rumah SEA Games 2021, Ini Keunikan Hanoi Ibu Kota Vietnam
Seorang ibu bersama anak-anaknya berfoto di maskot SEA Games 2021 di Vietnam. Foto: Repro Antara Foto

" Ibu kota Vietnam, Hanoi terpilih mejadi tempat pelaksanaan Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA) Games 2021 "

HANOI, TELISIK.ID - Ibu kota Vietnam, Hanoi terpilih mejadi tempat pelaksanaan Pesta Olahraga Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA) Games 2021.

Dikutip dari Antara, SEA Games 2021 yang sempat tertunda setahun akibat Pandemi COVID-19 ini dibuka pada Kamis, 12 Mei 2022 di Stadion My Dinh, ibu kota Vietnam, Hanoi.

Ajang olahraga antar bangsa-bangsa Asia Tenggara yang ke-31 ini, berlangsung hingga Senin, 23 Mei 2022.


Dimana SEA Games 2021 mempertandingkan 40 cabang olahraga dalam 526 nomor serta diikuti 11 negara.

Melansir okezone.com, berikut tentang Kota Hanoi, Ibu Kota Vietnam yang menjadi tempat pelaksanaan SEA Games 2021:

Kota Hanoi terletak di Vietnam utara di tepi barat Sungai Merah, sekira 140 kilometer ke pedalaman dari Laut Cina Selatan. Wilayah di sekitar Hanoi telah dihuni sejak zaman prasejarah.

Selain itu, wilayah ini juga sering dipilih sebagai pusat politik para penakluk Tiongkok.

Awalnya, Hanoi diberi nama Thang Long oleh penguasa pertama Dinasty Ly, Ly Thai To, pada 1010. Thang Long mempunyai arti naga yang melonjak, lantaran sang penguasa mengaku telah melihat seekor naga di atas Sungai Merah, Vietnam.

Thang Long menjadi ibu kota utama Vietnam sampai tahun 1802. Pada 1831, kota ini berganti nama menjadi Ha Noi yang berarti antara dua sungai oleh Dinasti Nguyen

Di bawah pemerintahan Prancis, Hanoi menjadi pusat administrasi. Pada 1902, Hanoi dijadikan ibu kota Indochina Prancis. Kota ini menjadi pusat administrasi selama kependudukan Jepang.

Pada bulan Agustus 1945, setelah Jepang menyerah, Viet Minh di bawah kepemimpinan Ho Chi Minh merebut kekuasaan di Hanoi, dan kota ini kemudian dijadikan sebagai ibu kota Vietnam.

Sejak 1954, Hanoi telah berubah dari kota komersial menjadi pusat industri dan pertanian.

Baca Juga: Menuju PON 2028, Manggarai Gelar Liga Pelajar

Jalan yang menghubungkan Hanoi dengan kota-kota besar Vietnam lainnya dapat dilalui melalui jalur kereta api yang menyediakan akses ke pelabuhan.

Banyak monumen dan istana Hanoi berusia berabad-abad telah dihancurkan oleh agresi militer dan perang saudara, namun masih ada beberapa titik bersejarah.

Salah satunya, sektor Pusat Benteng Kekaisaran Thang Long yang dibangun pada abad ke-11 dan ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 2010. Hanoi dikenal dengan bangunan sejarah bergaya Prancis dan China.

Kota ini sudah terkenal di kalangan turis yang mempunyai konsep liburan backpacking. Tidak saja menawarkan gaya hidup dengan biaya yang tak terlalu mahal, Hanoi juga memberikan suasana yang terasa lebih tenang ketimbang Ho Chi Minh City.

Kota Ho Chi Minh merupakan kawasan yang juga populer sebagai tujuan wisata dan mempunyai konsep yang lebih modern.

Mengunjungi Hanoi pada saat perhelatan SEA Games 2021 kini, tak perlu bingung mencari moda transportasi jika ingin jalan-jalan di kota. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Hanoi meluncurkan bus listrik bagi pengunjung.

Bukan hanya memberi kemudahan, bus listrik ini juga sebagai sarana memperkenalkan sejarah dan budaya Vietnam yang tampak pada arsitektur bangunan, makanan, serta kerajinan lokal.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games, Ini Jadwalnya

Produk lokal banyak ditemukan di Hanoi, mulai dari kerajinan tangan, kain sutra, hingga perhiasan, yang dapat dijadikan oleh-oleh di tengah ketatnya persaingan SEA Games 2021.

Hanoi bisa dijadikan referensi bagi mereka yang menyukai galeri seni. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga