Jadwal dan Syarat Lelang Jabatan 16 Kepala OPD Muna Mulai Disusun

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Jadwal dan Syarat Lelang Jabatan 16 Kepala OPD Muna Mulai Disusun
Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Kepala BKPSDM, La Ode Ena memastikan lelang jabatan dilaksanakan Maret. Foto: Ist.

" Jadwal dan persyaratan lelang jabatan 16 kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Kabupaten Muna mulai disusun "

MUNA, TELISIK.ID - Jadwal dan persyaratan lelang jabatan 16 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Kabupaten Muna mulai disusun. Rencananya, seleksi terbuka Jabatan Tinggi Pratama (JPT) itu akan dilaksanakan Maret mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, La Ode Ena menerangkan, Pemkab Muna telah mendapatkan rekomendasi lelang dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Sudah pasti bulan Maret. Kita akan rapatkan dulu internal untuk menyusun jadwal dan syarat lelang," kata Ena, Jumat (24/2/2023).

Mantan Asisten II itu mengatakan, seleksi akan diumumkan secara terbuka melalui media sosial dan media massa, sehingga dapat diketahui ASN yang berada di luar daerah. Untuk satu jabatan, peserta seleksinya minimal tiga orang.

"Sesuai saran KASN, lebih banyak peserta lebih bagus," ujarnya.

Baca Juga: Pj Bupati Muna Barat Minta Izin Kemendagri Lantik Eselon II Hasil Lelang Jabatan

Panitia seleksi (pansel) telah dibentuk. Begitu juga dengan tim asesor bekerja sama dengan Universitas Negeri Makassar (UNM).

"Anggaran lelang secara keseluruhan Rp 1 miliar," sebutnya.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Muna, Mohamad Ikhsanuddin menekankan pada Pemkab agar tidak menunda-nunda pelaksanaan lelang jabatan. Anggaran telah disetujui sejak tahun 2022 lalu. Kemudian, tahun ini dialokasikan sebesar Rp 1 miliar.

"Harus segera dilaksanakan, agar tidak ada lagi jabatan yang diisi oleh Plt," ujarnya.

Politisi Gerindra itu menerangkan, Komisi I akan mengawal proses jalannya seleksi, dengan tujuan pejabat yang dihasilkan nantinya, berkompeten sesuai kemampuannya masing-masing.

Baca Juga: KASN Beri Ruang Pemkab Muna Laksanakan Lelang Jabatan

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, melalui seleksi itu, kemampuan para ASN yang memenuhi syarat dapat diketahui. Nah, dari situ, ia akan memilih satu dari tiga besar, yang benar-benar mau bekerja untuk daerah dan loyal terhadap pimpinan.

"Kita butuhkan pejabat yang bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya, bukan yang hanya cari muka dan tidak loyal," tegasnya.

Adapun 16 jabatan yang akan dilelang meliputi Dinas PTSP, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perdagin, Dinas P3A, Dinas Koperasi, BPKAD, Dinas Peternakan, Dinas PUPR, Balitbang, Satpol PP, Dinas Capilduk, Dinas Kominfo dan Persandian, BPBD dan Asisten III. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga