Jadwal Eksekusi Ferdy Sambo, Begini Kengerian Lembah Nirbaya Tempat Hukuman Mati

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 17 Februari 2023
0 dilihat
Jadwal Eksekusi Ferdy Sambo, Begini Kengerian Lembah Nirbaya Tempat Hukuman Mati
Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap jadwal untuk eksekusi hukuman mati Ferdy Sambo masih panjang. Foto: Era.id

" Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap jadwal untuk eksekusi hukuman mati Ferdy Sambo masih panjang "

JAKARTA, TELISIK.ID - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengungkap jadwal untuk eksekusi hukuman mati Ferdy Sambo masih panjang.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana mengatakan bahwa proses eksekusi masih panjang dan menunggu keputusan pengadilan tinggi karena pihak Sambo mengajukan banding.

“Kalau untuk putusan masih di pengadilan negeri, kami tentu masih harus menunggu proses yang masih panjang. Mereka masih punya waktu 7 hari menyatakan sikap, 14 hari mengajukan memori kalau menyatakan banding,” ujar Ketut dilansir dari Bisnis.com.

Baca Juga: Bukan Cuma Bharada E, Pria Ini Juga Disebut Tumbal Kepolisian hingga Divonis 1,5 Tahun Penjara

Lebih lanjut, dia tak mau berandai-andai  kapan pastinya karena masih menunggu inkrah putusan dari pihak pengadilan tinggi.

Melansir Kompas.com, Nirbaya adalah nama sebuah kawasan yang ada di ujung selatan Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Bila sebuah tempat terkenal dengan pesona alamnya, Nirbaya justru dikenal sebagai lokasi eksekusi mati di Nusakambangan.

Tak heran jika kawasan Nirbaya menyimpan sisi kelam Nusakambangan yang dijuluki Alcatraznya Indonesia. julukan yang disematkan ke Nusakambangan tersebut disebabkan oleh adanya delapan penjara atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang berdiri pulau ini.

Baca Juga: Antonio Kekasih Nikita Mirzani Mualaf

Kawasan ini terdiri dari lembah dan bukit yang dikenal dengan nama Lembah Nirbaya dan Bukit Nirbaya. wilayah Lembah Nirbaya merupakan lapangan luas yang dipenuhi rumput liar dan berbatasan dengan batuan karang. Di balik jajaran karang itulah ombak di Samudera Hindia membuat suara berdebur ketika menghantam karang.

Adapun di mana lokasi eksekusi hukuman mati tepatnya dilakukan disebut memiliki tempat tersendiri yang dirahasiakan. Ada yang menyebut tempatnya berada di sekitar Bukit Nirbaya yang kerap digunakan sebagai lokasi para terpidana dengan vonis hukuman mati akan meregang nyawa.

Lokasi tersebut hanya akan dipersiapkan jelang waktu eksekusi, dengan ditandai dengan tiang kayu yang telah terpancang di tengah pekarangan kosong. Sementara Lembah Nirbaya telah dijadikan tempat pemakaman terpidana mati yang telah dieksekusi namun jenazahnya tidak diambil oleh keluarga. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga