Jadwal Keberangkatan Feri KMP Dharma Kencana I Rute Kasipute-Pising Berubah

Hir Abrianto, telisik indonesia
Selasa, 06 Juli 2021
0 dilihat
Jadwal Keberangkatan Feri KMP Dharma Kencana I Rute Kasipute-Pising Berubah
Armada KMP Dharma Kencana I saat berlabuh di Pelabuhan Kasipute. Foto: Hir Abrianto/Telisik

" Kehadiran KMP Dharma Kencana I di Kabupaten Bombana memberikan dampak positif bagi masyarakat pengguna jasa penyeberangan dari Pelabuhan Kasipute menuju Pelabuhan Tanjung Pising, Kabaena. "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kehadiran KMP Dharma Kencana I di Kabupaten Bombana memberikan dampak positif bagi masyarakat pengguna jasa penyeberangan dari Pelabuhan Kasipute menuju Pelabuhan Tanjung Pising, Kabaena.

Pada bulan Juni lalu, Feri dengan daya tampung penumpang kurang lebih 300 orang ini beroperasi sebanyak 38 trip dari Pelabuhan Kasipute-Pising ataupun sebaliknya. Berbeda dengan bulan ini, Juli 2021. Manajeman Kapal mengumumkan bahwa hanya melakukan 28 kali trip pelayaran.

Adapun jadwal pelayaran untuk Juli 2021 yakni kapal berangkat dari Pelabuhan Kasipute menuju Pelabuhan Pising setiap hari Rabu, Sabtu dan Minggu pagi pada pukul 09.00 Wita.

 

Jadwal Operasi bulan Juli KMP Dharma Kencana I. Foto: Ist.

 

"Untuk bulan ini (Juli) kami berlayar 28 trip dari Kasipute-Pising," ucap Taufik, Manajer Dharma Kencana I Cabang Bombana.

Perubahan itu, kata Taufiq, merupakan hasil perhitungan berdasarkan total trip yang akan dipenuhi selama setahun ini.

Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan permohonan maaf dengan adanya perubahan-perubahan pada bulan Juni lalu yang menyebabkan beberapa penumpang terlantar di Pelabuhan Pising dan Kasipute.

Baca juga: Bukan Gaji, Insentif Bagi Imam Masjid Upaya Pemerintah Lindungi Orang Berilmu

Baca juga: Pengurusan Akta Kelahiran Melonjak, KIA Lampaui Target

"Kami mohon maaf atas jadwal yang berganti-ganti pada Juni lalu. Ke depan kami akan perbaiki lagi layanan kami," ungkapnya.

Sebagaimana data yang dihimpun Telisik.id, jadwal KMP Dharma Kencana I pada Juni lalu terjadi tiga kali pergantian. Hal itu menyebabkan beberapa penumpang terlantar di pelabuhan karena tidak mendapatkan informasi valid terkait jadwal keberangkatan kapal.

Salah satu penumpang adalah Muhammad Anas, yang saat itu batal menyeberang ke Kabaena karena tiba di Pelabuhan Kasipute tidak mendapati kapal.

"Batal karena ternyata ada perubahan jadwal," singkatnya saat dikonfirmasi waktu itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bombana, Ramsi Rafiu menjelaskan, pihaknya akan mengupayakan koordinasi dengan pihak manajeman kapal agar jadwal yang berlaku dapat tersampaikan kepada masyarakat.

"Kami akan mengupayakan koordinasi supaya hal-hal seperti itu tidak kejadian lagi. Kasihan masyarakat kalau sudah tiba di pelabuhan baru tidak ada kapalnya," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga