Jadwal Pencairan BLT Dana Desa 2023, Rp 900 Ribu Caranya Mudah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 28 Maret 2023
0 dilihat
Jadwal Pencairan BLT Dana Desa 2023, Rp 900 Ribu Caranya Mudah
Pemerintah kembali salurkan berbagai bansos pada masyarakat Indonesia. Salah satu bansos yang ditunggu masyarakat yaitu BLT Dana Desa 2023. Foto: Serambinews

" Pemerintah kembali salurkan berbagai bansos pada masyarakat Indonesia. Salah satu bansos yang ditunggu masyarakat itu adalah BLT Dana Desa 2023 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Pemerintah kembali salurkan berbagai bansos pada masyarakat Indonesia. Salah satu bansos yang ditunggu masyarakat itu adalah BLT Dana Desa 2023.

Menurut jadwal pencairan BLT Dana Desa 2023, penerima bansos ini bakal mendapat Rp 900 ribu. Lalu bagaimana proses pencairan BLT Dana Desa 2023 ini? Pemerintah kini telah tetapkan beberapa aturan baru bagi para penerima manfaat bansos BLT Dana Desa 2023 ini.

Bagi penerima manfaat yang telah lakukan pendaftaran seb penerima BLT Dana Desa 2023, Anda wajib tahu peraturan baru ini.

Peraturan baru yang ditetapkan oleh pemerintah saat ini cuma ditargetkan bagi masyarakat yang masuk kategori miskin sekali.

Baca Juga: Puluhan PNS Bea Cukai Ramai-Ramai Korupsi, Gaji Selangit, Mencuri Teratur

Melansir Intisari.grid.id, bagi masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ini nantinya bakalan mendapat bansos BLT Dana Desa 2023.

BLT Dana Desa ini bakal diberikan tiap bulannya dengan nominal sebesar Rp 300 ribu selama 3 bulan. Peraturan resmi dari pemerintah ini pun harus dipatuhi perangkat desa dalam proses pencairan BLT Dana Desa 2023 sebesar Rp 900 ribu. Hal ini agar bansos bisa tepat sasaran dalam penyalurannya.

Mekanisme Pengadaan BLT Dana Desa

Melansir Tribunnews.com, perangkat desa harus terlebih dahulu lakukan pendataan dan survei langsung ke rumah penerima BLT Dana Desa 2023.

Ini agar bisa dievaluasi apakah yang bersangkutan layak menerima BLT Dana Desa 2023 atau tidak.

Bila dalam satu desa tak ada keluarga miskin, maka perangkat desa pun bisa lihat daftar keluarga miskin di desa 1-4 sekitarnya.

Jika tak juga ada daftar keluarga miskin, maka perangkat desa bisa menyasar pada keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pengangguran.

Tak cuma masyarakat yang tak punya pekerjaan, bansos ini juga bisa diberikan pada masyarakat yang miliki keluarga yang sedang sakit kronis juga berhak menerima bantuan.

Penetapan peraturan pencarian BLT Dana Desa ini juga berlaku untuk calon penerima bantuan yang punya anggota rumah tangga tunggal lansia maupun difabel. Kebijakan peraturan baru ini pun adalah kabar baik bagi para penerima manfaat.

Cara Pendaftaran BLT Dana Desa 2023

Calon penerima manfaat bisa lakukan pendaftaran terlebih dahulu lewat situs resmi dengan cara login di link sid.kemendesa.go.id.

Berikut ini langkah-langkah pendaftarannya:

1. Buka situs resmi sid.kemendesa.go.id dan lakukan login.

2. Usai berhasil login, silahkan pilih opsi pencairan data penerima BLT Dana Desa.

Baca Juga: Survei Indikator Politik: Kepercayaan Publik ke Polri Naik 70,8 Persen Ungguli DPR

3. Selanjutnya pilih pencarian data penerima dengan memasukkan nama desa secara lengkap.

4. Kemudian, calon penerima manfaat harus isi nama desa dan klik opsi 'Cari'.

5. Bila proses validasi pencairan data berhasil, maka data akan segera muncul bila sesuai.

6. Usai penyaluran BLT Dana Desa 2023 ini bisa disalurkan sesuai tahapan. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga