Jaga RTH di Kawasan Jembatan Bungkutoko, DLHK Kendari Siagakan Dua Petugas

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 26 Januari 2021
0 dilihat
Jaga RTH di Kawasan Jembatan Bungkutoko, DLHK Kendari Siagakan Dua Petugas
Kawasan jembatan Bungkutoko, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Foto: Ist.

" Setiap RTH yang tergolong taman aktif maka akan diberikan penanganan khusus "

KENDARI, TELISIK.ID – Wajah kawasan jembatan Bungkutoko, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), kini lebih tertata rapi. Area ini menjadi tempat bersantai warga Kota Kendari dan sekitarnya.

Bukan hanya karena sudah rapi dan bersih, namun juga karena ada ruang terbuka hijau (RTH) yang membuat para pengunjung merasa nyaman.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, kawasan RTH Bungkutoko ini merupakan salah satu dari beberapa taman aktif yang ada di Kota Kendari.

Sehingga, kata dia, setiap RTH yang tergolong taman aktif maka akan diberikan penanganan khusus.

“Karena di RTH Bungkutoko itu masuk kategori taman aktif, maka diberikan perlakukan khusus dalam perawatannya. Sebab setiap hari ada pengunjung, jadi sampah yang dihasilkan juga ada setiap hari, makanya mesti setiap hari dibersihkan,” katanya kepada Telisik.id, belum lama ini.

Meski memang belum banyak pedagang di tempat itu, kata dia, namun kawasan jembatan Bungkutoko kini sudah banyak dikunjungi masyarakat. Makanya untuk menjaga RTH di sana, pihaknya mengerahkan dua petugas.

“Memang tidak terlalu ramai, tapi setiap hari ada orang datang baik nongkrong maupun hanya berfoto. Pengunjung itu datang membawa makanan dan minumannya. Makanya ada dua petugas kita di sana untuk merawat RTH,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kota Kendari, Abu Fatih mengaku merasa nyaman berada di kawasan jembatan Bungkutoko, sebab di sana bersih dan tertata rapi. Bahkan RTH-nya cukup terawat.

Baca Juga: DLHK Kendari Kerahkan 14 Petugas Rawat RTH Kendari Beach

Baca Juga: Praktisi Hukum Sebut Penetapan Mantan Kabid Dinas ESDM Sultra Sebagai Tersangka Cacat Yuridis

“Saya pergi ke sana itu suka, soalnya nyaman lingkungannya juga. Jadi harus benar-benar dirawat RTH dan sekitar kawasan jembatan Bungkutoko, sebab ini menjadi salah satu objek wisaya masyarakat kita,” ujarnya.

Senada dengan itu, pengunjung kawasan jembatan Bungkutoko, Arman Al Kafh mengungkapkan, penataan RTH objek wisata satu ini cukup bagus, sebab pohon yang ditanam berjejer rapi.

“Kalau saya lihat memang bagus. Susunan pohon dan tanamannya rapi. Jadi enak juga kita lihat,” katanya. (A-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga