Jaga RTH, Warga Diharap Jangan Merusak Tanaman di Median Jalan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Februari 2021
0 dilihat
Jaga RTH, Warga Diharap Jangan Merusak Tanaman di Median Jalan
Tanaman yang ada di salah satu median jalan di Kota Kendari. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Salah satu tantangan yang dihadapi adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga RTH, khsusunya median jalan "

KENDARI, TELISIK.ID – Demi menjaga kelestarian ruang terbuka hijau (RTH), warga Kota Kendari diharapkan tidak merusak tanaman yang ada di sepanjang median jalan.

Untuk memastikan perawatan RTH, baik median jalan maupun taman, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kendari menugaskan sebanyak 153 petugas yang khusus menangani RTH tersebut.

Kepala Bidang Tata Lingkungan DLHK Kendari, Adi Jaya Purnama mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga RTH, khsusunya median jalan.

Dimana, kata dia, sering kali pihaknya menemukan ada sampah atau sisa potongan pohon yang dibuang begitu saja di median jalan. Alhasil, tanaman yang ada di median tersebut bisa menjadi rusak.

“Jadi kendala kita di DLHK itu soal kesadaran masyarakat. Karena tidak sediakit kita temukan di lapangan yang masih beranggapan bahwa RTH itu bukan sesuatu yang harus dirawat dan dijaga keindahannya. Padahal, harusnya kita semua ikut memelihara ini,” katanya, belum lama ini.

Olehnya itu, ia mengimbau kepada warga masyarakat agar ikut aktif dalam menjaga RTH, baik taman maupun median jalan. Sebab, ketika RTH ini bisa terawat dengan baik, maka itu akan membawa dampak positif bagi semua kalangan, baik menurunkan tinkat strss warga dan menjadi daya tarik tersendiri para wisatawan untuk berlama-lama menikmati ketika datang di Kota Kendari.

Baca Juga: Begini Cara Memanjangkan Umur Pakai TPA Kendari

Baca Juga: Resmi Dilaunching, Gerakan Bisa Berbagi Ajak Umat Berkontribusi Cetak Generasi Qurani

“Nah, inilah mindset warga yang mesti kita ubah. Mari ketika ada kotoran atau sampah buanglah pada tempatnya, jangan di median, taman, itu sangat menggangu keindahan, dan orang yang mau menikmati RTH juga jadi risih,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kendari, Nismawati mengungkapkan, untuk menjaga lingkingan menjaga memang tidak mudah dilakukan, sehingga tugas tersebut harusnya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi bagaimana masyarakat juga sadar untuk bisa aktif menjaga lingkungannya.

“Semua elemen masyarakat mesti ikut menjaga lingkungan kota kita. Koordinasi dan kerjasama ini mesti dibangun pemerintah dan masyarakat, dengan kita saling koordinasi dan bekerjasama,” ujarnya. (B-Adv)

Reporter: Fitrah Nugraha

Baca Juga