adplus-dvertising

Jaga Rumah Warga di Pengungsian, Polda Jatim Terjunkan Ditsamapta ke Lumajang

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 07 Desember 2021
339 dilihat
Jaga Rumah Warga di Pengungsian, Polda Jatim Terjunkan Ditsamapta ke Lumajang
Personel Ditsamapta Polda Jatim di Lumajang. Foto: Ist.

" Polda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan personel Ditsamapta Polda Jatim untuk ke Lumajang untuk melakukan penjagaan terhadap rumah warga yang ditinggal mengungsi di tempat pengungsian akibat letusan gunung Semeru "

SURABAYA, TELISIK.ID - Polda Jawa Timur (Jatim) menerjunkan personel Ditsamapta Polda Jatim untuk ke Lumajang untuk melakukan penjagaan terhadap rumah warga yang ditinggal mengungsi di tempat pengungsian akibat letusan gunung Semeru.

"Langkah-langkah kami dari Tim SAR Ditsamapta Polda Jatim melakukan penyekatan di jalur evakuasi. Sedangkan warga sebagian masih berada di atas dan sudah ada pula yang turun," kata AKBP David, Kasubdit Gasum Ditsamapta polda jatim, Selasa (7/12/2021).

Kata David, pihaknya telah bekerja sama dengan tokoh masyarakat maupun perangkat desa yang ada di lokasi untuk membantu melakukan identifikasi masyarakat penduduk asli maupun pendatang.


David menambahkan, pada hari pertama pihaknya melakukan penyekatan di jalur evakuasi. Hal itu dilakukan untuk fokus di jalur evakuasi. Sedangkan mulai hari pertama, ada 12 jenazah yang berhasil di evakuasi, namun masih ada beberapa warga di area terdampak yang belum ditemukan.

Baca Juga: 4 Hari Mengungsi dari Letusan Semeru, Ini Jumlah Warga di Pengungsian

"Kami masih terus melakukan pencarian dan penyelamatan serta pertolongan dan bantuan kepada masyarakat. Untuk mengevakuasi barang berharga milik warga maupun hewan peliharaan," tambahnya.

Baca Juga: Semeru Meletus, Gubernur Khofifah Ngantor di Lumajang

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya penjarahan saat adanya musibah, anggota terus melakukan patroli rutin di rumah - rumah warga terdampak.

"Upaya ini untuk mengantisipasi adanya orang luar untuk tidak memanfaatkan musibah yang sedang terjadi. Namun sampai saat ini tidak ada laporan adanya barang hilang maupun sebagainya," sebut dia.

Menurut David, hambatan yang dihadapi saat di lokasi akibat letusan Semeru yaitu menuju tempat pertolongan warga, karena jalan berlumpur, terlebih banyak warga yang lalu lalang. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga