Jajanan Khas Muna jadi Ikon Pasar Sore Desa Lindo Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Rabu, 12 Juli 2023
0 dilihat
Jajanan Khas Muna jadi Ikon Pasar Sore Desa Lindo Muna Barat
Kunjungan jajaran Pemda Muna Barat di pasar sore Desa Lindo, Kecamatan Wadaga untuk memborong jajanan khas daerah. Foto: Ist.

" Eksistensi kuliner lokal saat ini kurang dijumpai, namun berbeda dengan pasar sore di Desa Lindo, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat yang menjajakkan berbagai makanan khas daerah "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Eksistensi kuliner lokal saat ini kurang dijumpai, namun berbeda dengan pasar sore di Desa Lindo, Kecamatan Wadaga, Kabupaten Muna Barat yang menjajakkan berbagai makanan khas daerah.

Pasar sore itu telah lama diadakan oleh masyarakat sekitar, pasar itu dibuka dari sore hingga malam hari.

Uniknya di pasar sore ini, para pedagang menyajikan makanan khas daerah Muna berupa kabuto, kambuse, katumbu, kambewe, kasoami, kadada katembe, kaparende, tunuha, cucur, lapa-lapa, kasoso, dan lainnya.

Pasar ini juga terletak di tempat yang strategis yakni tak jauh dari perbatasan Kabupaten Muna dan Muna Barat. Sehingga tak heran, di pasar sore Lindo itu banyak dijumpai para pembeli yang berasal dari kabupaten tetangga.

Baca Juga: Pemda Muna Barat Siap Naikan Kapasitas Puskesmas Bero

Hal ini juga membuat Pj Bupati Muna Barat, Bahri beserta para OPD turut berkunjung ke tempat tersebut, jajaran pemerintah daerah tersebut terlihat memborong jajanan kuliner lokal yang disajikan oleh pedagang di pasar sore itu.

Bahri mengaku bangga dengan kreativitas yang dilakukan oleh pedagang yang didominasi ibu-ibu yang telah mampu mengolah pangan lokal. Pasalnya di daerah itu mempunyai banyak makanan tradisional.

"Pasar ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan kembali kuliner khas daerah,“ ungkapnya, Rabu (12/7/2023).

Untuk itu, ia mengajak masyarakat Muna Barat untuk berkunjung ke pasar sore itu, sebab menu makanan tradisional yang disajikan cita rasanya berbeda dari beragam menu yang sering dinikmati di rumah.

“Kalau pengen makanan tradisional, ke sini aja. Jangan jauh-jauh. Menunya juga lengkap dan enak,” ujarnya.

Ia juga berharap, pasar sore itu mampu menjadi pendongkrak perekonomian masyarakat setempat, mengingat saat ini banyak dukungan yang diberikan pemda untuk memajukan UMKM di Muna Barat.

Baca Juga: DPRD Apresiasi Capaian Kerja Pj Bupati Muna Barat

Sementara itu, Kepala Desa Lindo, Armaya merasa bersyukur dengan kedatangan jajaran Pemda Muna Barat, ia berharap dengan kedatangan para pejabat itu dapat membawa pengaruh positif bagi pedagang dan masyarakat di desanya.

“Semoga dengan kehadiran Pj bupati malam ini menjadi awal kebangkitan perekonomian di desa kami,” singkatnya.

Untuk diketahui, tak hanya memborong jajanan kuliner lokal, Bahri juga sempat membagikan satu karung beras berukuran kecil kepada setiap pedagang dan masyarakat di pasar tersebut, hal itu disambut antusias oleh warga setempat. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga