adplus-dvertising

Jakarta Kota Paling Berpolusi se-Indonesia, Simak Penjelasannya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 19 Juli 2022
423 dilihat
Jakarta Kota Paling Berpolusi se-Indonesia, Simak Penjelasannya
Jakarta dinobatkan sebagai peringkat pertama dari sepuluh besar kota paling berpolusi di Indonesia. Foto: Repro berita24.com

" Dari data yang dikeluarkan IQ Air, Jakarta sebagai peringkat pertama dari sepuluh besar kota paling berpolusi se-Indonesia dengan Indeks kualitas udara di angka 180 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ibu kota Jakarta dinobatkan sebagai peringkat pertama dari sepuluh besar kota paling berpolusi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan lembaga data kualitas udara IQ Air. Di mana lembaga IQ Air ini merupakan perusahaan teknologi kualitas udara yang berbasis di Swiss yang sejak 1963 berupaya memberdayakan individu, organisasi, dan komunitas untuk menghirup udara yang lebih bersih melalui solusi informasi, kolaborasi, dan teknologi.

Dari data yang dikeluarkan itu, IQ Air mendudukkan Jakarta sebagai peringkat pertama dari sepuluh besar kota paling berpolusi se-Indonesia dengan Indeks kualitas udara di angka 180, seperti dikutip detik.com, Senin (18/7/2022).


Peringkat udara Jakarta lebih buruk dari sejumlah daerah lain di Indonesia seperti Surabaya (Jawa Timur-indeks kualitas udara 159) di posisi dua, dan Bekasi (Jawa Barat-indeks kualitas udara 129) di posisi empat berdasarkan pantauan pukul 07.45 WIB.

Baca Juga: Mahfud MD Positif COVID-19 Usai Pulang Haji, Begini Kondisinya Sekarang

Dikutip dari Antara yang melansir dari laman resmi IQ Air di Jakarta, Senin (18/7/2022), kualitas udara ibu kota masuk kategori tidak sehat, karena saat ini konsentrasi Particulate Matter (PM) 2.5 berada pada angka 111.5 mikrogram per meter kubik atau 22,3 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Pertamina Perluas Wajib Daftar Beli Pertalite ke 50 Kota, Cek Daerah Kamu

Bahkan pos pemantauan di Pesing, Jakarta Barat menunjukkan IQ Air berada pada kategori berbahaya (indeks kualitas udara 348) dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 298 mikrogram per meter kubik.

Kemudian di Wisma Matahari Power, pos pemantauan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, IQ Air memperlihatkan kualitas udara pada kategori sangat tidak sehat (indeks kualitas udara 218) dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 168 mikrogram per meter kubik.

Sedangkan pos pemantauan di Jakarta Utara, seperti Jalan Puri Jimbaran 2 dan Jalan Pasir Putih II di Ancol Pademangan, dan Pantai Mutiara di Pluit, Penjaringan, kualitas udaranya menurut IQ Air berada pada kategori tidak sehat dengan indeks kualitas udara antara 188 (Pantai Mutiara) hingga 196 (Jimbaran 2). (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali 

Artikel Terkait
Baca Juga