adplus-dvertising

Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022

M Risman Amin Boti, telisik indonesia
Sabtu, 16 Oktober 2021
884 dilihat
Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022
Balapan Formula E di Invalides Monument, Paris, Prancis pada, Sabtu (27/4/2019). Foto Repro Suara.com

" Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penetapan Ibu Kota sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E tahun depan. "

JAKARTA,TELISIK.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta resmi jadi tuan rumah Formula E pada 4 Juni 2022. Keputusan itu ditetapkan melalui FIA Wolrd Motor Sport Council di Paris, Jumat (15/10/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penetapan Ibu Kota sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E tahun depan.

Ia memastikan Pemprov DKI akan segera bersiap untuk menyelenggarakan ajang balap yang dijadwalkan akan menjadi tuan rumah pada seri kedelapan.


"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni, tanggal 4, tahun 2022," kata Anies, di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021).

Namun, Anies enggan menjawab saat ditanya lebih jauh mengenai lokasi balap.

Menurutnya, hal itu akan diumumkan oleh FEO Limited selaku penyelenggara Formula. FEO, kata Anies, juga sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi.

"Sudah semuanya, sudah dikerjakan," ujarnya.

Penetapan Jakarta sebagai salah satu tuan rumah ABB FIA Formula E mendapat sambutan baik dari Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E Alberto Longo.

Tak hanya bagi Indonesia, menurut Longo, gelaran Jakarta E-Prix 2022 juga begitu penting untuk ABB Formula E sendiri.

Selain itu, Longo juga menyampaikan apresiasi kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilainya sangat peduli dengan peralihan Indonesia menuju energi ramah lingkungan seperti mobil listrik.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dikutip dari siaran pers Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Tak lupa, Longo pun memberi ucapan selamat kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendukung Formula E sebagai bagian dari program Jakarta Langit Biru demi mewujudkan udara yang bersih.

"Gubernur Anies mengirimkan pesan bahwa menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh," ungkap Longo.

"Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," lanjutnya.

Baca juga: 38 Tim Siap Bertanding di Kejuaraan Sepakbola Dua Laode

Baca juga: PON Papua Berakhir, Jabar Juara Umum, Sultra Peringkat 20 dengan 15 Medali

Sementara, Direktur Utama Jakpro, Widi Asmanto, berharap digelarnya Formula E di Indonesia dan Jakarta dapat mempromosikan Jakarta dan Indonesia.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor" tutupnya.

Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil listrik ramah lingkungan dan akan sejajar dengan Roma, New York, Berlin, London, Seoul, hingga Monako yang juga menjadi tuan rumah Formula E.

Sebagaimana diketahui, rencana awal menggelar balapan Formula E akan diselenggarakan di sekitar wilayah Monas namun dipastikan batal. Meski sudah dipastikan bakal digelar di Jakarta, di mana sirkuit yang akan digunakan untuk menggelar balapan tersebut masih tanda tanya besar.

Berikut jadwal lengkap Formula E 2022:

1. Diriya, Arab Saudi - 28 dan 29 Januari 2022.

2. Mexico City, Meksiko - 12 Februari 2022.

3. TBC - 5 Maret 2022.

4. TBC, China - 19 Maret 2022.

5. Roma, Italia - 9 April 2022.

6. Monte Carlo, Monaco - 30 April 2022.

7. Berlin, Jerman - 14 Mei 2022.

8. Jakarta, Indonesia - 4 Juni 2022.

9. Vancouver, Kanada - 2 Juli 2022.

10. New York City, Amerika Serikat - 16 dan 17 Juli 2022.

11. London, Inggris 30-31 Juli 2022.

12. Seoul, Korea Selatan - 13-14 Agustus 2022. (A)

Reporter: M. Risman Amin Boti

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga