Jalan di SMA Negeri 2 Sawerigadi Muna Barat Langganan Banjir

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 01 Juni 2024
0 dilihat
Jalan di SMA Negeri 2 Sawerigadi Muna Barat Langganan Banjir
Tinjauan Pj Bupati Muna Barat di SMA Negeri 2 Sawerigadi yang kerap digenangi air saat musim hujan. Foto: Ist.

" Pj Bupati Muna Barat kembali lakukan kunjungan di daerah yang tergenang air, Sabtu (1/6/2024). Hal ini disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terus melanda "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Pj Bupati Muna Barat kembali lakukan kunjungan di daerah yang tergenang air, Sabtu (1/6/2024). Hal ini disebabkan oleh curah hujan tinggi yang terus melanda.

Diketahui, beberapa wilayah di Muna Barat tergenang air, salah satunya di Desa Lawada Jaya, Kecamatan Sawerigadi tepatnya di SMA Negeri 2 Sawerigadi.

Menurut Kepala SMAN 2 Sawerigadi, La Tamburu, sekolah yang dipimpinnya menjadi langganan banjir saat musim hujan melanda.

Hal tersebut dikarenakan sekolah itu berada di dataran rendah sehingga air gampang masuk. Air yang tergenang itu biasa ketinggiannya mencapai betis orang dewasa sehingga siswa banyak yang tidak memakai sepatu saat masuk sekolah.

Baca Juga: Kemenkes Kirim 16 Dokter Internship untuk Muna Barat

"Kadang berminggu-minggu kami dan siswa tidak bisa pakai sepatu. Nanti sudah kering airnya baru bisa pakai sepatu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lawada Jaya, Jamaludin mengungkapkan, penyebab banjir kerap terjadi di desanya karena kali Kaendea yang jaraknya tidak jauh dari SMAN 2 Sawerigadi sering meluap.

"Sudah lama saya ingin menghadap dengan Pak Bupati soal ini sebenarnya, tapi Alhamdulillah hari ini sudah datang berkunjung," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Pj Bupati Muna Barat, La Ode Butolo didampingi Kepala BPBD, Karimin, turun langsung meninjau kondisi SMA 2 Sawerigadi yang kerap dilanda banjir.

Baca Juga: Ini Unggulan Sidomakmur Wakili Muna Barat pada Ajang Lomba Desa

La Ode Butolo juga langsung memerintahkan Kepala BPBD Muna Barat untuk mengambil langkah cepat dengan membuka saluran air agar air tidak tergenang di halaman sekolah.

"Tolong nanti disurvei dulu sungainya pak Kadis. Kalau perlu diperlebar saja agar air bisa leluasa membuang," ungkapnya.

Untuk diketahui, intensitas curah hujan yang begitu tinggi menyebabkan beberapa lokasi tergenang air sehingga dalam seminggu ini Pj Bupati La Ode Butolo sudah mengunjungi beberapa titik yang menjadi langganan genangan air.

Atas perhatian dan kesigapan Pj Bupati, kepala desa beserta masyarakat turut mengapresiasi, masyarakat berharap secepatnya dapat dikerjakan agar tidak terus digenangi air di daerah tersebut. (A)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga