Jalan Rusak Parah, Warga Bikin Video Wisata 1000 Lubang Kecamatan Kabangka

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Senin, 08 Mei 2023
0 dilihat
Jalan Rusak Parah, Warga Bikin Video Wisata 1000 Lubang Kecamatan Kabangka
Kreatifitas pemuda Kabangka membuat video dengan judul "Selamat Datang di Wisata 1000 Lubang Kecamatan Kabangka" sebagai bentuk protes terhadap jalanan yang rusak parah. Foto: Ist.

" Beberapa pemuda Kabangka mengirimkan video jalanan yang rusak parah ke akun Instagram Presiden Jokowi, dan berharap jalanan segera diperbaiki "

MUNA, TELISIK.ID - Warga Kecamatan Kabangka, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, sudah lama mengeluhkan akses jalan poros Kecamatan Kabangka yang bertahun-tahun rusak parah dan tidak ada perbaikan.

Belum adanya perbaikan di sepanjang jalan kecamatan itu membuat masyarakat menganggap pemerintah tidak memperhatikan infrastruktur jalan yang ada di sana.

Kreatifitas pemuda Kabangka membuat video jalanan rusak dengan judul "Selamat datang di wisata 1000 lubang Kecamatan Kabangka". Video ini merupakan bentuk protes dari pemuda setempat.

Video ini kembali viral setelah adanya postingan di media sosial presiden RI, Joko Widodo yang mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar.

"Apabila jalan di daerah anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya di kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun instagram ini," tulis Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

Baca Juga: Bukan Lampung, Sulawesi Tenggara Masuk 10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terbanyak

Beberapa pemuda kabangka kemudian mengirimkan video jalanan yang rusak parah ke akun instagram orang nomor satu di Indonesia itu, dengan harapan jalanan segera diperbaiki.

Ketua Forum Silaturahmi Pemuda Pelajar (FOSMAPP) Kabangka, Rahmat Mbodja Susanto mengatakan, infrastruktur merupakan fasillitas yang dibangun oleh pemerintah untuk mempermudah aktivitas masyarakat umum, salah satunya infrastruktur jalan.

"Melihat dari tampilan infrastruktur jalan yang ada di Kecamatan Kabangka saat ini, menurut saya sangat jauh dari kata layak dan sangat memprihatinkan. Jalan yang berlubang dan penuh genangan air pada saat hujan, membuat pengguna jalan khususnya warga Kecamatan Kabangka, sangat kesulitan," ujar Rahmat, Senin (8/4/2023).

Dia menambahkan, sejak beberapa tahun lalu, tidak sedikit masyarakat yang selalu teriak karena terganggu ketika melintasi jalan tersebut. Kerusakannya juga sudah banyak memakan korban mulai dari cedera ringan hingga berat, juga banyak kendaraan yang rusak dan terjatuh lantaran berusaha melintasi jalan tersebut.

Baca Juga: Viral Selebgram Kritik Jalan Rusak Parah dan Penuh Sampah di Kendari, Akses Anak Sekolah

"Walaupun demikian, hanya pemangku jabatanlah yang bisa melakukan itu. Namun realitanya seolah-olah mereka menutup mata dan juga telinga terhadap kejadian dan teriakan masyarakat. Lantas sampai kapan akan diperbaiki? Dan butuh berapa banyak korban lagi?" tanyanya.

Tidak hanya masyarakat Kabangka, warga lain yang melintas juga mengeluhkan hal yang sama. Aldi Hidayat yang datang untuk liburan di salah satu tempat wisata di Kecamatan Kabangka juga merasa lelah saat harus melewati jalanan yang rusak sepanjang jalan.

"Saya lumayan sering masuk di Kabangka karena saya punya keluarga yang tinggal di sini. Saya lihat ini jalanan memang sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki dan makin parah," ujarnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga