adplus-dvertising

Jalan Wisata Kendari-Toronipa Rampung Agustus 2022

Aris Mantobua, telisik indonesia
Kamis, 30 Juni 2022
1081 dilihat
Jalan Wisata Kendari-Toronipa Rampung Agustus 2022
Peninjauan langsung proses pembangunan Jalan Wisata Kendari-Toronipa oleh PT SMI dan beberapa kepala dinas lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Aris Mantobua/Telisik

" Jalan wisata Kendari-Toronipa diperkirakan akan rampung tahun ini. Proses pengerjaannya terus digenjot, agar bisa segera digunakan di Agustus 2022 mendatang "

KENDARI, TELISIK.ID - Jalan wisata Kendari-Toronipa diperkirakan akan rampung tahun ini. Proses pengerjaannya terus digenjot, agar bisa segera digunakan di Agustus 2022 mendatang.

Hari ini, Kamis (30/6/2022) sejumlah kepala dinas lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara, Bank Dunia dan PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) turun meninjau proses pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa. Saat meninjau, PT SMI memuji progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa yang sesuai dengan target pengerjaan.

Direktur Pengembangan Proyek dan Pembiayaan Publik PT SMI, Faaris Pranawa


mengatakan, kunjungan yang dilakukan bertujuan untuk memonitor proyek pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara terhadap pembangunan Jalan Wisata Kendari-Toronipa maupun proses dalam pembangunan Rumah Sakit Jantung dan Pemburu Darah yang ditinjau kemarin.

"Kami melakukan dukungan melalui pinjaman, yang diberikan langsung ke pemerintah provinsi untuk membangun jalan wisata Kendari-Toronipa. Tidak semua daerah mempunyai kewenangan untuk membangun proyek seperti ini," ucapnya.

Faaris Pranawa mengaku, pihaknya sangat senang melihat progres pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, masih sesuai dengan target yang ditentukan.

"Harapannya tentu dengan progres pembangunan jalan yang baik, kiranya bisa digunakan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara dalam waktu yang cepat. Tercapainya terget pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi juga menambah dampak yang sangat positif, baik untuk masyarakat maupun pemerintah itu sendiri," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kadis Sumber Daya Air dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Burhanuddin mengatakan kunjungan SMI hari ini merupakan peninjauan proses pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa, yang dijadwalkan akan rampung pada bulan Agustus 2022 mendatang. Proses pengerjaan jalan terus dilakukan sehingga sampai saat ini, mencapai 90 persen tahap pengerjaannya.

"Untuk saat ini kita sudah di penghujung akhir dari pengerjaan jalan. Peningkatan dalam volume pekerjaan akan terus dilakukan. Proses pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa, tiap minggu dilakukan evaluasi dalam pengerjaannya," ungkapnya.

Peninjauan langsung proses pembangunan Jalan Wisata Kendari-Toronipa oleh PT SMI dan beberapa kepala dinas lingkup Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Aris Mantobua/Telisik

 

Terkait evaluasi dalam pengerjaan jalan wisata Kendari-Toronipa mulai hari ini akan terus dilakukan pemantauan dan evaluasi tiap hari. Target yang sudah ditentukan, bulan Agustus nanti bisa terealisasi dengan baik.

Burhanuddin menjelaskan, pembuatan jembatan jalan wisata Kendari-Toronipa saat ini sudah memasuki babak baru. Sekitar 60 meter lagi, dalam proses pengerjaan dan pemasangan plat.

"InsyaAllah jika tidak ada halangan jembatan ini akan rampung 100 persen di akhir bulan Juli mendatang. Panjang jalan wisata Kendari-Tironipa yakni 14,6 Km dari pengerjaan tahap satu dan dua," terangnya.

Baca Juga: Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Oputa Yii Koo Rampung Oktober Nanti

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, Johannes Robert mengatakan, secara substansi dalam kunjungan PT SMI merupakan proses dari evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja pemerintah provinsi, terkait dengan kebijakan pembangunan yang konsisten.

"Dalam hal ini PT SMI akan menilai Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara benar-benar serius dalam melakukan pengembangan jejaring, baik pemerintah provinsi, pemerintah pusat maupun masyarakat. Sehingga dalam kebijakan pembangun bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," katanya.

Robert mengaku, apa yang dilakukan hari ini menggambarkan bahwa dampak atau multiplayer efek dari pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa berimbas pada dana Corporate Socia Responsibility (CSR) yang diberikan langsung oleh PT SMI.

Kadis Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, Johannes Robert (dua dari kiri) Kadis Sumber Daya Air dan Bina Marga Sulawesi Tenggara, Burhanuddin (kiri) serta pihak PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) saat meninjau langsung proses pembangunan Jalan Wisata Kendari-Toronipa. Foto: Aris Mantobua/Telisik

 

"Artinya seperti ini, PT SMI tidak hanya semata-mata berorientasi terhadap profit, tetapi juga memperhatikan prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat pada lokasi-lokasi pembangunan infrastruktur. Khususnya masyarakat yang dilalui oleh pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa," terangnya.

Lanjut ia menjelaskan, Bappeda akan selalu mendukung dalam pembangunan infrastruktur yang bisa menunjang perekonomian masyarakat. Dalam kebijakan pembangunan dapat dilakukan secara konsisten untuk kepentingan masyarakat luas.

Baca Juga: Setelah Dapat Restu KASN, Pemkot Kendari Lelang 2 Jabatan Eselon II

"Kita bersyukur pembangunan saat ini, masih sesuai dengan waktu yang ditentukan. Harapannya akses jalan wisata Kendari-Toronipa bisa digunakan secepatnya," tutupnya. (A-Adv).

Penulis: Aris Mantobua

Editor: Musdar

Baca Juga