Jalur Mudik Kendari-Torobulu Diselimuti Kabut

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 18 April 2023
0 dilihat
Jalur Mudik Kendari-Torobulu Diselimuti Kabut
Kabut menyelimuti beberapa ruas jalan di sepanjang jalur Kendari menuju pelabuhan Torobulu, Konawe Selatan. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Jalur mudik sepanjang jalan Kota Kendari menuju pelabuhan Torobulu Konawe Selatan, diwarnai kabut yang cukup tebal "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jalur mudik sepanjang jalan Kota Kendari menuju pelabuhan Torobulu Konawe Selatan, diwarnai kabut yang cukup mengganggu penglihatan, sejak memasuki wilayah Wolasi.

Kabut yang muncul sekitar pukul 04.00 Wita ini membahayakan para pengendara karena jarak pandang jadi terbatas.

Pantauan Telisik.id di lokasi, beberapa jalan di sepanjang jalur ini terlihat berlubang, tikungan curam serta pembatas jalan yang hanya dipasang policeline sebagai tanda bahaya jurang.

Menurut Asriani, seorang narasumber yang berasal dari Desa Sumpuo, Kabupaten Muna, kabut ini cukup pekat dan sulit dihindari.

"Saya sempat merasakan ketakutan saat berkendara di tengah kabut ini. Saya tidak bisa melihat jalan dengan jelas dan membuat saya merasa khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," keluhnya.

Baca Juga: Pelabuhan Kapal Fery Torobulu Mulai Diserbu Pemudik

Sementara itu, Marsita, seorang warga Kota Raha mengaku bahwa kabut ini sangat mengganggu perjalanan mudiknya.

"Saya harus berhati-hati saat berkendara di tengah kabut ini. Saya tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," kata Marsita.

Akbar, seorang warga Desa Lohia Kabupaten Muna menambahkan, kondisi jalan yang berlubang membuatnya harus mengurangi kecepatan saat berkendara di tengah kabut.

"Kondisi jalan yang berlubang sangat berbahaya, apalagi saat berkendara di tengah kabut seperti ini. Saya harus hati-hati dan memperhatikan keadaan sekitar dengan cermat," ucapnya.

Baca Juga: Pelabuhan Penyeberangan Tampo-Torobulu Dipadati Penumpang

Kabut yang mengganggu penglihatan ini, membuat para pengendara menjalankan kendaraannya lebih pelan. Bahkan, beberapa pengendara memilih untuk berhenti sejenak dan menunggu kabut hilang sebelum melanjutkan perjalanan.

Meskipun kabut ini sangat mengganggu, namun para pengendara tetap memaklumi kondisi cuaca saat ini. Mereka berharap agar pemerintah segera melakukan perbaikan jalan yang berlubang dan meningkatkan keamanan di sepanjang jalur mudik ini.

Kabut tebal yang terlihat di sepanjang jalan raya menuju pelabuhan Torobulu Konawe Selatan ini memang sering terjadi saat musim hujan. Meskipun demikian, para pengendara diharapkan tetap waspada dan hati-hati saat berkendara di tengah kabut. Kabut yang terlihat pekat mulai hilang sekitar jam 07.25 Wita, dibarengi dengan munculnya matahari pagi. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga