Jam Kerja Petugas Kebersihan Dikurangi Selama Ramadan

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 18 April 2021
0 dilihat
Jam Kerja Petugas Kebersihan Dikurangi Selama Ramadan
Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari memutuskan untuk mengurangi jam operasional petugas pengangkut sampah selama Ramadan ini. Foto: Ist.

" Dalam sepekan ada tiga hari dimana petugas melakukan dua kali pengangkutan mulai dari pukul 05.00 sampai selesai. Khusus Ramadan ini hanya menjadi satu kali saja, pertimbangannya karena kemanusiaan. Mereka sedang berpuasa. "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari memutuskan untuk mengurangi jam operasional petugas pengangkut sampah selama Ramadan ini.

Kebijakan tersebut dalam rangka menghargai petugas yang menjalani ibadah puasa.

Kepala DLHK Kendari Nismawati mengatakan, kebijakan pengurangan jam operasional dikeluarkan berdasarkan hasil pertemuan pihaknya bersama para petugas pengangkut sampah pekan lalu.

Dalam pertemuan diputuskan adanya pengurangan jam operasional dari dua kali pengangkutan menjadi satu kali dalam sehari selama sepekan.

Baca juga: Minggat dari Rumah, ABG Nyaris Jual Diri karena Kehabisan Uang

"Dalam sepekan ada tiga hari dimana petugas melakukan dua kali pengangkutan mulai dari pukul 05.00 sampai selesai. Khusus Ramadan ini hanya menjadi satu kali saja, pertimbangannya karena kemanusiaan. Mereka sedang berpuasa," kata Nismawati baru-baru ini.

Kendati demikian, Nismawati menekankan kepada petugas agar memaksimalkan pengangkutan di pagi hari mengingat jam operasional sudah berkurang satu kali pengangkutan.

"Saya instruksikan mereka untuk melakukan pemadatan saat mengangkut sampah. Tapi jika sudah pemadatan sementara di TPS masih terdapat sisa sampah itu tetap diangkut sisanya. Kan sudah agak ringan," kata Nismawati.

Atas dasar itu, Nismawati mengimbau warga agar tertib dalam membuang sampah. Dia menyarankan warga untuk membuang sampah pada waktu yang sudah ditetapkan pemerintah yakni pada malam hari mulai pukul 18.00 hingga sebelum keesokan harinya pukul 05.00. Itu dimaksudkan agar sampah yang dibuang bisa langsung diangkut oleh petugas di pagi hari.

"Apalagi di bulan Ramadan, pasti kita bangun sahur, maka ketika pergi salat subuh di masjid bisa sekalian membuang sampahnya di bak sampah atau TPS," pungkasnya. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga