Jambore Kader PKK se-Bombana untuk Tingkatkan Layanan Masyarakat

Melsandy Wauda, telisik indonesia
Selasa, 14 November 2023
0 dilihat
Jambore Kader PKK se-Bombana untuk Tingkatkan Layanan Masyarakat
Penyampaian kepala puskesmas seputar kegiatan posyandu kepada pembawa materi Dinkes Sulawesi Tenggara. Foto: Melsandy Wauda/Telisik

" Kegiatan Jambore kader tingkat Kabupaten Bombana dilaksanakan di MTQ setempat, Selasa (14/11/2023) "

BOMBANA, TELISIK.ID - Kegiatan Jambore kader tingkat Kabupaten Bombana dilaksanakan di MTQ setempat, Selasa (14/11/2023).

Peserta dari jambore ini dihadiri oleh PKK Bombana, jajaran Pemda Bombana, juga hadir kepala puskesmas, pomkes, dan kader-kader posyandu dari 8 kecamatan sebanyak 400-an orang.

Tujuan jambore gabungan untuk meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam komunikasi antar personal untuk mengajak masyarakat berperilaku positif terhadap kesehatan, meningkatkan wawasan yang baru dan keterampilan kader dalam penyelenggaraan posyandu dan mampu melakukan kunjungan-kunjungan dalam pantauan wilayah setempat, dan memberikan penghargaan kepada kader yang telah melakukan pelayanan dengan maksimal.

Baca Juga: Bersama Media Kawal Transparansi Kinerja Pemda Bombana

Kabid SDKDinas Kesehatan Bombana, Tarzan mengatakan, kader posyandu salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran dan melakukan menyembuhan.

"Kader posyandu merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan posyandu yang ada di masing-masing kecamatan, juga informasi dan pola keterampilan kesehatan masayarakat yang ditunjang oleh kadernya," ucap Tarzan.

Sekda Bombana, Man Arfa memberikan apresiasi kepada kader-kader yang sudah dengan tulus melayani masyarakat, penuh pengabdian dalam upaya pelayanan kesehatan yang terbaik.

"Itu tentu merupakan harapan bagi kita semua, kader kita dalam bidang kesehatan akan memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat Bombana,"ucap Man Arfa.

Dalam penyampaian materi oleh perwakilan Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara, menyampaikan beberapa materi tentang bagaimana ruang lingkup posyandu dari penanganan ibu hamil, bayi, dan anak-anak kini menjadi penanganan untuk seluruh keluarga.

Baca Juga: Mantan Penjabat Kades di Bombana Ditangkap, Kasus Korupsi Dana Desa

"Tugas utama dari posyandu adalah pelayanan ibu hamil, kesehatan ibu keseluruhan dan pelayanan masyarakat dan mencari solusi untuk keluhan masyarakat dalam hal kesehatan," ucap salah satu kader posyandu, Mardianti.

Sementara itu Kepala Puskesmas Mataole, Yohanes mengatakan, saat ini mereka sedang fokus kepada stunting, mengingat menurut data yang ada, stunting di Bombana masih tergolong tinggi.

"Saya harap semua semua stakeholder bekerja-sama dalam menangani stunting di seluruh wilayah Bombana," pinta Yohanes. (A-Adv)

Penulis: Melsandy Wauda

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga