Janda di Buton Selatan Dapat Kambing Ternak Gratis

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Selasa, 26 Maret 2024
0 dilihat
Janda di Buton Selatan Dapat Kambing Ternak Gratis
Penyerahan bantuan kambing ternak kepada para janda di Lapandewa Kaindea, Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisk

" Perempuan kepala keluarga (janda) di Lapandewa Kaindea, Buton Selatan, menerima bantuan kambing ternak gratis dari Dinas Sosial Buton Selatan "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID - Perempuan kepala keluarga (janda) di Lapandewa Kaindea, Buton Selatan, menerima bantuan kambing ternak gratis. Kambing untuk diternakkan ini diharapkan membantu meningkatkan taraf hidup mereka.

Kepala Dinas Sosial Buton Selatan, La Salimu menyatakan bahwa penyaluran kambing gratis kepada para perempuan kepala keluarga ini merupakan salah satu upaya dalam memberdayakan para janda untuk lebih meningkatkan kemandirian, agar dapat melanjutkan hidup bersama keluarga tercinta.

Adapun jumlah kambing yang diberikan sebanyak 6 ekor. Setiap perempuan kepala keluarga menerima satu ekor kambing untuk diternakkan.

Terkait penambahan jumlah bantuan kambing ternak, para perempuan kepala keluarga dapat langsung mengajukan proposal pada OPD terkait yakni Dinas Sosial Buton Selatan.

Ia menyampaikan, bisa jadi ke depannya apabila usaha ternak kambing para janda tersebut sukses dan berkembang pesat, ada peluang dapat berkolaborasi dengan OPD teknis lainnya yang dapat membantu memfasilitasi usaha ternak tersebut.

Baca Juga: Kapolres Dukung Program Jagung, Kajari Muna Ingin Lihat Pabriknya

Ia menyebutkan, para perempuan kepala keluarga ini sebelumnya sudah mengajukan proposal untuk dapat memperoleh bantuan kambing tersebut. Sebab kata dia, dari pihaknya hanya memberikan stimulus untuk merangsang kemandirian yang ada pada diri para janda tersebut agar semakin dipacu.

La Salimu turut mengutarakan harapannya kepada para janda penerima kambing ternak untuk dapat menjaga dan merawat kambing ternak sebab itu nantinya akan menjadi pundi-pundi rupiah dalam mencukupi kebutuhan ekonomi mereka.

"Kami berikan bantuan tersebut untuk menstimulasi supaya bisa mandiri, terlebih ini adalah memberdayakan para janda-janda agar lebih produktif," ungkapnya pada Telisik.id, Senin (25/3/2023).

Baca Juga: Ini Upaya Pemkab Buton Selatan Atasi Kemiskinan Ekstrem

Sementara itu, seorang perempuan kepala keluarga Lapandewa Kaindea, Tiani, merasa sangat senang sebab kata dia, sejak kecil dia sudah terbiasa berternak kambing di desanya.

Di desanya, para peternak kambing ada yang secara individu, ada juga yang berkelompok.

"Terima kasih kepada Pak Pj Bupati Buton Selatan dan Dinas Sosial sudah memberikan kambing untuk kami ternakkan," ucapnya. (B)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga