Jangan Abaikan, Ini 6 Ciri Paru-Paru Kotor

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 06 April 2024
0 dilihat
Jangan Abaikan, Ini 6 Ciri Paru-Paru Kotor
Paru-paru kotor memiliki ciri-ciri yang perlu diketahui. Foto: Repro alodokter

" Nyeri dada tidak selamanya menjadi gejala dari penyakit jantung karena ini juga dapat menjadi ciri-ciri paru-paru kotor "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang adalah paru-paru kotor. Maka penting untuk mengetahui apa saja ciri dari paru-paru kotor ini, agar bisa dicegah sejak dini.

Dikutip dari cnnindonesia.com, paru-paru merupakan salah satu organ di dalam tubuh yang memiliki peran penting. Paru-paru berfungsi dalam memasok oksigen dan mengeluarkan udara kotor agar tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Namun, paparan polusi udara dapat mengganggu sistem pernapasan hingga paru-paru jadi rusak. Akibatnya, beberapa penyakit seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, hingga fibrosis sistik tak dapat lagi dihindari.

Seringkali kebiasaan merokok dan berada di lingkungan yang banyak mengandung polusi udara dapat membuat paru-paru kita kotor bahkan rusak.

Lantas, apa saja ciri-ciri paru-paru kotor ini?

Melansir alodokter.com, berikut beberapa ciri kalau seseorang mengalami paru-paru kotor yang sering diabaikan:

1. Nyeri dada 

Nyeri dada tidak selamanya menjadi gejala dari penyakit jantung karena ini juga dapat menjadi ciri-ciri paru-paru kotor. Nyeri dada yang disebabkan oleh paru-paru kotor biasanya berlangsung selama 1 bulan lebih dan terasa begitu menyakitkan ketika penderitanya menarik atau menghela napas, batuk, dan bersin. 

Baca Juga: 7 Tanda Peringatan Paru-Paru Basah Segera Butuh Bantuan Medis

2. Batuk kronis

Batuk kronis atau batuk yang terjadi selama lebih dari 8 minggu atau bahkan berbulan-bulan bisa menjadi ciri-ciri paru-paru kotor. Kondisi ini terjadi karena tubuh tengah berupaya untuk membersihkan paru-paru dari kotoran atau zat yang mengiritasinya.

Selain terjadi secara terus-menerus, batuk yang disebabkan oleh paru-paru kotor biasanya disertai dengan keluarnya lendir atau dahak, yang terkadang juga mungkin mengandung darah. Ciri-ciri paru-paru kotor ini umumnya dialami oleh orang yang terkena penyakit  asma, bronkitis, pneumonia, dan kanker paru-paru.

3. Kelelahan

Saat terkena penyakit paru-paru, pasokan oksigen di tubuh akan menurun. Efeknya, penderita akan menjadi lebih mudah alami kelelahan meskipun sudah tidur atau mendapatkan istirahat yang cukup. 

Ciri-ciri paru-paru kotor ini dapat terjadi karena tubuh membutuhkan tenaga ekstra untuk mendukung fungsi paru-paru. Selain itu, kurangnya asupan oksigen membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah.

4. Sesak napas 

Ciri-ciri paru-paru kotor bisa berupa sesak napas yang dapat timbul meski Anda tidak sedang melakukan aktivitas berat atau berolahraga. Sesak napas erat dikaitkan dengan penyakit paru-paru karena organ tersebut akan menyempit saat kotor, teriritasi, atau mengalami gangguan. 

Hal ini membuat aliran udara dari dan menuju paru-paru menjadi terganggu. Efeknya, oksigen tidak dapat dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik sehingga memicu sesak napas.

5. Penurunan berat badan

Penyakit paru-paru lambat laun akan menimbulkan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. Ini juga dikarenakan tubuh membutuhkan energi ekstra untuk mendukung fungsi paru-paru. 

Baca Juga: 7 Tips Membersihkan Paru-Paru dari Asap Rokok

Selain itu, penyakit paru juga dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan, mual, muntah, dan sulit menelan, sehingga akhirnya berdampak terhadap penurunan berat badan.

6. Mengi 

Orang yang paru-parunya kotor biasanya akan mengalami mengi atau napas berbunyi. Biasanya, ciri-ciri paru-paru kotor ini akan timbul pada penderita asma, bronkitis, atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Mengi umumnya terjadi akibat adanya peradangan dan penyempitan saluran napas. 

Nah, itulah beberapa ciri jika seseorang mengalami paru-paru kotor. Dengan mengetahui ini, Anda dapat mencegah lebih dini. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga