Jangan Cemas, 7 Cara Ini Bisa Bantu Anda Turunkan Trigliserida dalam Darah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 24 Juli 2021
0 dilihat
Jangan Cemas, 7 Cara Ini Bisa Bantu Anda Turunkan Trigliserida dalam Darah
Makanan yang dapat menurunkan trigliserida dalam Darah. Foto: Repro google.com

" Jika angka trigliserida dalam darah melebihi 1,7 mmol/L atau 150 mg/dl, bisa dikatakan seseorang memiliki kadar trigliserida yang tinggi dalam darah "

KENDARI, TELISIK.ID - Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak, akan membuat kadar kolesterol dalam darah meninggi.

Kendati demikian, tetapi bukan itu satu-satunya yang perlu dicemaskan. Selain kadar kolesterol, kadar trigliserida dalam darah pun harus kamu perhatikan.

Pasalnya, semakin tinggi angka trigliserida dalam darah, maka tubuh pun semakin rentan mengalami berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, penyumbatan pembuluh darah, hingga jantung koroner.

Dikutip dari alodokter.com, trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah. Trigliserida dihasilkan oleh organ hati, namun sebagian besar berasal dari makanan, seperti daging, keju, susu, nasi, minyak goreng, dan mentega.

Lemak dari makanan yang dikonsumsi akan dipecah dan diubah menjadi energi. Setiap lemak yang tidak digunakan tubuh, akan diubah menjadi trigliserida dan disimpan di sel lemak. Ketika dibutuhkan, trigliserida akan dilepaskan untuk digunakan sebagai energi.

Jika angka trigliserida dalam darah melebihi 1,7 mmol/L atau 150 mg/dl, bisa dikatakan seseorang memiliki kadar trigliserida yang tinggi dalam darah.

Tak hanya dewasa dan lansia, remaja pun bisa mengalaminya. Biasanya, orang-orang yang telah berusia 50 tahun dan memiliki penyakit jantung, wanita dewasa, hamil dan menyusui, serta pengidap obesitas lebih rentan mengalaminya.

Dilansir dari Halodoc.com, supaya kadar trigliserida dalam tubuh bisa dikontrol, lakukan cara-cara berikut ini:

1. Pilih Makanan yang Tinggi Serat

Pertama, kamu perlu pintar memilih makanan yang kamu konsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, karena mampu menurunkan serapan gula dan lemak pada usus kecil.

Buah dan sayur merupakan makanan sumber serat yang bisa kamu pilih dalam menu sehari-hari.

2. Pilih Makanan Rendah Karbohidrat

Selanjutnya adalah makanan rendah karbohidrat. Sama seperti gula, penumpukan karbohidrat akan membuat kadar trigliserida dalam darah mengalami peningkatan.

Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat cenderung mengalami penurunan trigliserida yang cukup signifikan.

3. Kurangi Asupan Lemak Trans

Penumpukan trigliserida juga bisa terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, seperti gorengan atau makanan yang dipanggang.

Tak hanya kadar trigliserida, konsumsi makanan berlemak trans juga memicu tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Kurangi Asupan Gula

Dalam makanan, gula akan diubah menjadi trigliserida, sehingga semakin banyak kamu mengonsumsi makanan tinggi gula, maka akan terjadi penumpukan trigliserida dalam darah.

Pemerintah menyarankan konsumsi gula harian maksimal hanya sebanyak empat sendok makan per hari. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena gula darah yang tinggi, kurangi asupan gula.

Baca Juga: Awas, 7 Bahaya Terlalu Banyak Makan Daging Sapi

Baca Juga: Waspada, 5 Makanan Penyebab Trigliserida Tinggi yang Perlu Anda Hindari

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jenis makanan seperti minyak nabati, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak adalah sumber makanan kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

6. Atur Pola Makan

Makan berlebihan tentu tak baik untuk kesehatan, karena akan terjadi penumpukan kalori dalam tubuh yang akan berubah menjadi lemak jika tidak kamu imbangi dengan aktivitas.

Setelah makan, tubuh akan melepas insulin yang berfungsi mengangkut gula untuk dijadikan energi. Kadar insulin yang berlebihan akan membuat penumpukan gula dan trigliserida yang memicu terjadinya obesitas dan diabetes.

7. Rutin Olahraga

Pastinya, kamu perlu mengimbangi dengan olahraga. Tak hanya menurunkan trigliserida, rutin berolahraga juga membantu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh kamu, sehingga kamu akan selalu sehat dan bugar.

Sebaiknya, sisihkan waktu selama 30 menit setiap pagi untuk berolahraga. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga