Jangan Gelisah dengan Mutasi, Sekda: Bila Loyal Pasti Bertahan

Sunaryo, telisik indonesia
Minggu, 04 Juni 2023
0 dilihat
Jangan Gelisah dengan Mutasi, Sekda: Bila Loyal Pasti Bertahan
Wabup Muna, Bachrun Labuta bersama Sekda, Eddy Uga menekankan para pejabat agar loyal pada atasan. Foto: Sunaryo/Telisik

" Eddy Uga dibuat tidak tenang. Handphonenya (HP) terus berdering dihubungi oleh para birokrasi yang mempertanyakan nasibnya "

MUNA, TELISIK.ID - Kabar akan dilakukan mutasi besar-besaran, membuat gelisah para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna.

Mereka mulai melakukan manuver untuk mendapatkan dan mempertahankan jabatannya.

Sekda, Eddy Uga dibuat tidak tenang. Handphonenya (HP) terus berdering dihubungi oleh para birokrasi yang mempertanyakan nasibnya.

Eddy hanya bilang, birokrasi harus percaya diri. Kerjakan tupoksi dengan baik dan jangan suka buat gaduh.

"Nilai diri masing-masing, bila loyal pada pimpinan dan berkinerja baik, pasti akan bertahan," kata Eddy, Minggu (4/6/2023).

Baca Juga: Bupati Muna Bakal Mutasi Besar-besaran

Mantan Kadis PUPR itu menegaskan, di pemerintahan hanya satu matahari. Karenanya, birokrasi harus pandai-pandai mengelola etika dan menghargai pimpinan.

"Kalau ada yang menggaransi jabatan, jangan percaya, karena semua putusan ada pada kepala daerah," tegasnya.

Sebagai 'Jenderal' ASN, ia mengingatkan birokrasi agar membangun koordinasi yang baik dengan pimpinan. Jangan selalu merasa hebat dari orang lain.

"Ketika kitakelola etika dengan baik dan saling menghargai, yakin saja siapapun pimpinan, pasti akan gunakan kita," ujarnya.

Wakil Bupati (Wabup), Bachrun Labuta, menerangkan, ASN harus loyal terhadap atasan. Loyal itu, tidak bisa diajari, karena lahir dari dalam lubuk hati. Karenanya, birokrasi harus ikuti keinginan pimpinan. Kalau ada yang salah, jangan takut untuk mengingatkan.

Ia menekankan pada birokrasi, agar menjalakan tupoksinya masing-masing. Jangan suka mengurus tugas orang lain.

Baca Juga: Mutasi Ditunda, Pejabat Muna Makin Gelisah

"Bila ada pejabat yang dimutasi, berarti ada yang salah dia lakukan," timpalnya.

Sementara itu, Bupati Muna, LM Rusman Emba telah memberi isarat akan melalukan rotasi dan mutasi besar-besaran terhadap pejabat eselon II, III, IV, kepala sekolah (kasek) dan kepala puskesmas (kapus).

Mutasi dan rotasi yang akan dilakukan itu sebagai bentuk penyegaran. Ia pun telah mengintruksikan Sekda, Eddy Uga dan Kepala BKPSDM, La Ode Ena untuk menyusun nama-nama calon pejabat yang akan dilantik.

"Insya Allah dalam waktu dekat, kita akan lakukan (rotasi dan mutasi)," pungkasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga