Jangan Lalai, 4 Hal yang Wajib Dihindari Saat Bukber Agar Tak Kurang Pahala Puasa

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
Jangan Lalai, 4 Hal yang Wajib Dihindari Saat Bukber Agar Tak Kurang Pahala Puasa
Beberapa tips bukber ini bisa anda lakukan agar nilai ibadah tidak hilang selama berpuasa. Foto: grab.com

" Bulan ramadan adalah bulan yang sangat istimewa dan sangat dinanti umat Islam di seluruh dunia. Ramadhan bulan yang penuh berkah, segala ibadah dan kebaikan selama ramadan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda sesuai janji Allah SWT "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan ramadan adalah bulan yang sangat istimewa dan sangat dinanti umat Islam di seluruh dunia. Ramadhan bulan yang penuh berkah, segala ibadah dan kebaikan selama ramadan akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda sesuai janji Allah SWT.

Namun berbicara mengenai bulan ramadan tidak terlepas mengenai acara buka puasa bersama, berkumpul bersama keluarga besar, alumni hingga teman kantor.

Tentu tidak ada yang salah dengan kegiatan yang penuh keakraban, menjalin silaturahmi dan berbagi kebahagian dan kecerian di bulan yang mulia ini.

Meski saat anda mengikuti acara bukber hendaknya juga memperhatikan beberapa hal agar pahala puasa tidak hilang. Jangan sampai ketika berkumpul dan berbagi bersama malah melupakan niat ibadah puasa anda.

Baca Juga: Tren Sepatu Flat Shoes untuk Kaum Wanita

Beberapa tips bukber ini bisa anda lakukan agar nilai ibadah tidak hilang selama berpuasa. Simak artikel ini sampai habis:

1. Meninggalkan Shalat Maghrib

Melansir Jurnalsoerang.com, adzan Magrib adalah moment yang paling ditunggu ketika acara buka puasa bersama. Namun, jangan sampai acara buka bersama melalaikan shalat Maghrib dengan berbagai alasan, seperti tidak ada mushola, jauh dari masjid.

2. Bergosip

Berkumpul dengan teman lama tentu saja akan menghadirkan kerinduan. Saling menanyakan kabar dan kesibukan masing-masing. Namun anda perlu berhati-hati biasanya dari obrolan ringan bisa berlanjut saling menggosip.

3. Menyombongkan diri

Melansir Nuonline.id, dalam Islam sombong atau riya atau ujub adalah perbuatan yang tercela. Misalnya ketika anda menceritakan karir dalam pekerjaan yang sudah bagus atau bercerita prestasi yang diraih dengan niat menyombongkan diri. Namun perlu di ingat sesuatu yang berkonotasi menyombongkan diri itu tidak baik.

Baca Juga: 8 Hidangan Ramadan Favorit Masyarakat Indonesia

4. Makan Terlalu Kenyang

Saking banyak menu berbuka puasa anda langsung lahap menyantapnya sambil mencicipi berbagai hidangan hingga kekenyangan setelah seharian berpuasa. Namun demikian perilaku ini sangat bertentangan dengan akhlak seorang muslim. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga