Jangan Lewatkan Pink Supermoon Terbesar dan Tercerah Terjadi Malam Ini

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 27 April 2021
0 dilihat
Jangan Lewatkan Pink Supermoon Terbesar dan Tercerah Terjadi Malam Ini
Fenomena pink supemoon. Foto: Repro Google.com

" Disebut sebagai supermoon karena bulan purnama pada April akan mencapai waktu yang hampir bersamaan dengan orbit elipsnya yang juga melakukan pendekatan terdekat ke bumi, sehingga bulan akan tampak besar dan lebih terang dari pada biasanya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Bulan purnama pada April akan menjadi yang terbesar dan paling cerah tahun ini, sekaligus sebagai fenomena supermoon yang pertama dari dua supermoon pada 2021.

Disebut sebagai supermoon karena bulan purnama pada April akan mencapai waktu yang hampir bersamaan dengan orbit elipsnya yang juga melakukan pendekatan terdekat ke bumi, sehingga bulan akan tampak besar dan lebih terang dari pada biasanya.

Bulan purnama kali ini akan jatuh pada 27 April. Pada saat mencapai fase bulan penuh, satelit alami bumi itu akan berada di konstelasi libra dan jaraknya menjadi 357.000 km dari bumi.

Selain pada 27 April, supermoon lainnya pada tahun ini akan terjadi pada 26 Mei mendatang.

Bulan purnama pada April disebut sebagai pink moon secara tradisional oleh suku asli Amerika dan pemukim kolonial di Amerika Serikat.

Baca juga: Lewat 72 Jam KRI Nanggala 402 Belum Ditemukan, Oksigen di Kapal Sudah Habis

Tetapi, bukan berarti bulan tersebut memiliki warna pink atau merah muda, tetapi karena bertepatan dengan mekarnya bunga musim semi di belahan utara bumi.

Suku asli Amerika umumnya memberikan nama atau julukan yang berbeda-beda pada bulan purnama setiap bulannya. Tradisi ini telah dipopulerkan dalam beberapa dekade terakhir oleh Farmers' Almanac di Amerika Serikat.

Dalam skema Farmers' Almanac, moss pink atau wild ground phlox adalah salah satu bunga paling awal yang tersebar di musim semi.

Sesuai dengan namanya, bunganya berwarna merah muda dan itu juga menjadi sebutan untuk bulan purnama pada April.

Meski begitu, dalam versi catatan sejarah lainnya, bulan purnama April juga dapat memiliki julukan lain, seperti full sprouting grass moon karena rumput baru mulai tumbuh saat ini.

Baca juga: Lagi, Jozeph Paul Zhang Sebut Islam Bangsa Biadab Hingga Seret Nama Jokowi

Dilansir dari Suara.com jaringan Telisik.id, Selasa (27/4/2021), selama malam-malam setelah 27 April, bulan akan terbit sekitar satu jam lebih lambat setiap hari dan tampak menonjol di malam hari.

Dalam beberapa hari, bulan hanya akan terlihat di langit menjelang fajar dan dini hari. Pada saat mencapai kuartal terakhir, seminggu setelah purnama, bulan akan terbit di tengah malam dan terbenam sekitar tengah hari.

Dalam tabel yang dibagikan in the sky, bulan akan terbit pada pukul 18:01 WIB dan tenggelam pada pukul 05:52 WIB.

Mengingat jaraknya yang cukup dekat pada 27 April, pengamat kemungkinan dapat melihat kawah dan fitur permukaan lainnya, bahkan tanpa bantuan teropong atau teleskop jika dilihat dalam kondisi bebas polusi.

Supermoon akan tampak lebih besar saat terbit atau terbenam di cakrawala karena efek yang disebut "ilusi bulan", dimana mata manusia diperdaya untuk membandingkan ukurannya dengan objek dalam garis pandang seperti pohon atau bangunan. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga