Jangan Panik, ini 6 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Covid-19

Saydul Akram, telisik indonesia
Minggu, 11 Juli 2021
0 dilihat
Jangan Panik, ini 6 Cara Mengatasi Sesak Nafas Karena Covid-19
Ilustrasi Pasien Terinfeksi Covid 19. Foto : Bisnis.com

" sesak napas merupakan salah satu gejala jika terinfeksi virus corona "

JAKARTA, TELISIK.ID – Salah satu gejala yang biasa dialami oleh seseorang yang terinfeksi virus corona adalah sesak napas. Ternyata ada beberapa cara mengatasi sesak nafas karena covid yang dapat kamu lakukan.

Terganggunya sistem pernapasan karena adanya infeksi pada paru-paru, sehingga seseorang akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Hal ini akan berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Kesehatan (@kemenkes_ri), Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan, dr. Prasenohadi menjelaskan sesak napas merupakan salah satu gejala jika terinfeksi virus corona. Dia memberikan tips yang dapat dilakukan oleh pasien Covid-19 ketika mengalami sesak napas saat terinfeksi Covid-19.

Berikut 6 cara mengatasi sesak nafas karena covid:

1. Sebaiknya persiapkan dirumah pulse oximetry, alat pengukur kadar saturasi oksigen. Apabila pasien memiliki saturasi oksigen kurang dari 90, maka harus segera diberikan oksigen.

2. Tidurlah dengan posisi tengkurap selama 30 menit sampai 1 jam secara berulang-ulang. Hal tersebut dilakukan agar distribusi oksigen di dalam paru-paru lebih merata.

3. Tidur dengan posisi badan miring ke kiri atau kekanan, apabila penderita tidak sanggup tidur dengan posisi tengkurap. Hal ini biasa disebut posisi proning. Letakan bantal di 3 titik seperti kepala, pinggang, dan diantara kaki. Posisi itu juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki oksigenasi di dalam paru.    

4. posisikan badan duduk yang disanggah dengan bantal (tidur setengah duduk). Bantal bisa ditumpuk sampai dengan tiga bantal. Lakukanlah selama tiga puluh menit.  

5. apabila cara di atas belum berhasil mengembalikan saturasi oksigen, maka upayakan pasien untuk menggunakan tabung oksigen.

6. segera bawa pasien untuk dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat guna penanganan lebih lanjut. Perlu diingat, tips-tips di atas diharapkan dapat membantu pasien yang menderita sesak napas akibat terinfeksi Covid-19 dan tidak menyebabkan kepanikan.

Artikel Terkait
Baca Juga