Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan iPhone HDC dan Ori

Nurdian Pratiwi, telisik indonesia
Rabu, 18 Januari 2023
0 dilihat
Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan iPhone HDC dan Ori
HDC adalah singkatan dari Hand Copy Draw atau yang berarti barang versi tiruan, replika, abal-abal, KW, atau palsu. Saat ini banyak gadget atau ponsel yang merupakan versi HDC, salah satunya iPhone. Foto: Repro Youtube.com

" Saat ini, cukup banyak gadget atau ponsel yang merupakan versi HDC, salah satunya iPhone. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui perbedaan iPhone HDC dan original "

KENDARI, TELISIK.ID - Mengetahui perbedaan HP HDC dan original adalah hal penting untuk dilakukan. HDC sendiri merupakan singkatan dari Hand Copy Draw atau yang berarti barang versi tiruan, replika, abal-abal, KW, atau palsu.

Dan saat ini cukup banyak gadget atau ponsel yang merupakan versi HDC, salah satunya iPhone.

Mengutip Kompas.com, bagi sebagian kalangan, iPhone memang tampak mewah dan harganya sangat mahal, sebab itu tak jarang ada orang yang menawarkan iPhone versi HDC.

iPhone HDC sendiri adalah iPhone versi tiruan yang bukan resmi dikeluarkan oleh Apple. Apabila Anda menemukan orang menjual iPhone di marketplace dengan tambahan deskripsi bertuliskan HDC maka jelas itu bukan iPhone versi original atau asli.

Bahkan, harganya jauh lebih rendah daripada iPhone versi asli. Berdasar pantauan KompasTekno di salah satu martketplace, iPhone 13 Pro Max HDC dijual dengan harga sekitar Rp 2 juta - Rp 3 juta.

Secara bentuk fisik, iPhone HDC tidak tampak memiliki perbedaan yang jauh dengan iPhone versi asli. Namun jika ditengok di sisi fitur dan spesifikasinya, iPhone HDC tidak sama seperti iPhone versi original.

Dengan harga yang murah dan bentuk fisik yang serupa dengan iPhone versi asli, sebagian orang tergiur untuk membeli iPhone HDC.

Namun, sebelum Anda ikut-ikutan tergiur membeli, cek ciri-ciri iPhone HDC serta perbedaannya dengan iPhone versi asli.

Baca Juga: Tiga Handphone Gaming Terbaik Bikin Lancar Push Rank

Dikutip dari Kumparan.com, berikut perbedaan iPhone HDC dan original yang patut kamu ketahui.

1. Cek material bodi iPhone

iPhone orisinal memiliki bodi ponsel yang kokoh dan kuat. Sebab, Apple melengkapi produknya dengan material berkualitas guna melindungi komponen penting di dalam perangkat tersebut.

Sementara itu, iPhone HDC umumnya memiliki bodi ponsel dengan material plastik. Perbedaan ini bisa kamu jadikan indikator awal untuk mengetahui perbedaan di antara iPhone tiruan dengan keluaran asli Apple.

2. Cek IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan unsur yang bisa kamu jadikan pembanding antara iPhone HDC dengan versi originalnya. Kamu bisa mengecek keaslian iPhone dengan memeriksa IMEI yang tersedia di kemasan produk.

Selanjutnya, kunjungi laman resmi Apple untuk memastikan keaslian perangkat. Bila IMEI terdaftar, iPhone yang kamu beli adalah versi originalnya. Pun demikian sebaliknya, bila IMEI tak terdaftar, kemungkinkan iPhone yang kamu miliki adalah versi replika atau HDC.

3. Cek fitur mengunduh aplikasi

iPhone asli keluaran Apple dilengkapi App Store sebagai fitur pengunduhan aplikasi. Hal itu bisa kamu jadikan salah satu cara untuk mengetahui perbedaan iPhone original dengan HDC.

Bila kamu menemukan iPhone dengan Play Store di dalamnya, ponsel tersebut bisa dipastikan merupakan replika atau HDC. Sebab, iPhone HDC tak akan dilengkapi App Store yang merupakan fitur asli dari Apple.

4. Periksa slot MicroSD

Umumnya, iPhone original tak memiliki slot MicroSD layaknya ponsel Android. Sebab, ponsel keluaran Apple itu memang tak memungkinkan penggunanya menambahkan memori eksternal.

Baca Juga: Ini Produk Apple yang Berakhir Tahun 2022, Apa Saja?

Jika kamu menemukan iPhone dengan slot MicroSD di dalamnya, bisa dipastikan ponsel tersebut merupakan iPhone HDC. Pasalnya, kamu tak akan pernah menemukan komponen itu di iPhone asli.

5. Cek harga

Mengetahui harga iPhone asli di pasaran bisa membantu kamu mengetahui perbedaan dengan produk tiruan yang beredar. Produk asli iPhone memiliki harga yang mahal dibandingkan merek ponsel lainnya dengan spesifikasi yang hampir setara.

Jika menemukan iPhone dengan harga miring, kamu perlu mengeceknya lebih lanjut. Sebab, bisa saja ponsel tersebut merupakan produk tiruan. (C)

Penulis: Nurdian Pratiwi

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga