adplus-dvertising

Jangan Tinggalkan Zikir Usai Salat Fardhu, Ini Keutamaannya

Haerani Hambali, telisik indonesia
Sabtu, 15 Oktober 2022
586 dilihat
Jangan Tinggalkan Zikir Usai Salat Fardhu, Ini Keutamaannya
Orang yang terbiasa berzikir usai salat fardhu, dosanya akan diampuni Allah Yang Maha Pengampun meskipun sebanyak buih di lautan. Foto: Repro Merdeka.com

" Zikir merupakan ibadah yang sangat dianjurkan setelah melaksanakan salat. Ia termasuk ibadah yang mudah dan ringan dilakukan, namun ganjarannya sangat besar "

KENDARI, TELISIK.ID - Biasakan berzikir usai salat fardhu, jangan langsung beranjak dari tempat salat. Zikir merupakan ibadah yang sangat dianjurkan setelah melaksanakan salat. Ia termasuk ibadah yang mudah dan ringan dilakukan, namun ganjarannya sangat besar.

Sayangnya, meski sangat mudah dan tak butuh waktu lama, banyak godaan yang harus disingkirkan agar tetap istiqamah dalam berzikir. Di antara godaan yang dimaksud adalah godaan handphone.

Dikutip Nu online dari Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali memasukkan bahasan khusus tentang doa dan zikir. Menurutnya, salah satu zikir yang sangat dianjurkan ialah membaca subhanallah, alhamdulillah, dan allahu akbar sebanyak 33 kali. Kemudian ditutup dengan melafalkan laa ilaaha illallaah laa syarîka lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai'in qadiir satu kali.


Baca Juga: Adab Ketika Suami Istri Marahan

Ini sesuai dengan hadis riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah salat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca la ilaha illallah la syarika lahu lahul mulku wa lahulhamdu wa huwa ‘ala kulli sya'in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Malik).

Berdasarkan hadis di atas, orang yang terbiasa melakukan ibadah ini, dosanya akan diampuni Allah Yang Maha Pengampun meskipun dosanya sebanyak buih di lautan.

Dilansir dari Idntimes.com, ada 7 keutamaan membaca zikir usai salat fardhu.

1. Ampunan dan pahala

Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 35 berfirman:

"Pria dan wanita yg berpuasa, pria dan wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar" (QS Al-Ahzab: 35).

2. Jalan masuk surga

"Barang siapa mengucapkan zikir ini di siang hari dalam keadaan yang penuh keyakinan, lalu dia mati di hari tersebut sebelum sore hari, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga. Dan barang siapa yang membacanya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu dia mati sebelum subuh, maka dia termasuk ke dalam penghuni surga." (HR. Bukhari).

3. Diampuni seluruh dosa

"Barang siapa yang membaca zikir Subhanallah di setiap salat wajib sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca zikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan menyempurnakannya, maka akan diampuni dosa-dosanya walaupun dosanya sebanyak buih di lautan." (HR. Muslim)

4. Ketenangan hati

“(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Al-Ra’ad: 28).

5. Lembutkan hati

Berzikir dan mengingat Allah SWT dapat melembutkan hati dan menjauhkan dari perbuatan maksiat.

Baca Juga: Inilah Teman Sejati di Alam Kubur

“Maka sebutlah nama Allah SWT sebanyak-banyaknya demikian itu akan melembutkan dirimu." (QS Al-Anfal: 45).

6. Amalan sedekah

”Di setiap ruas tulang (persendian) manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap paginya. Tiap-tiap bacaan zikir itu adalah sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah." (HR. Muslim).

7. Amalan terbaik di mata Allah SWT

”Maukah aku beritahukan amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Tuhanmu, dan lebih baik daripada menerima emas dan perak? Lalu, para sahabat menjawab pertanyaan Rasulullah SAW tersebut: ‘Ya, Rasul‘. Lantas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata: ”Zikrullah (berzikir).” (HR. Tirmidzi dan Ahmad). (C)

Penulis: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga