Jebolan STPDN Dominasi Jabatan di Kabupaten Muna dan Muna Barat

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 23 Januari 2023
0 dilihat
Jebolan STPDN Dominasi Jabatan di Kabupaten Muna dan Muna Barat
Bupati Muna, LM Rusman Emba persama Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Pj Bupati Buton, Basiran dan Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Foto: Sunaryo/Telisik

" Kemampuan para jebolan Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN) tak diragukan dalam pemerintahan "

MUNA, TELISIK.ID - Kemampuan para jebolan Sekolah Tinggi Pemerintah Dalam Negeri (STPDN) tak diragukan dalam pemerintahan.

Tak ayal, banyak dari mereka yang menduduki jabatan strategis dalam pemerintahan. Di Muna dan Muna Barat misalnya, purna praja itu mendominasi jabatan mulai dari eselon II, III dan IV.

Ketua DPP Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Sulawesi Tenggara, Asmawa Tosepu menyampaikan apresiasi terhadap Pemkab Muna dan Muna Barat yang telah memperdayakan purna praja.

Baca Juga: Bahri, Pj Bupati Muna Barat Asal Tiworo, Jebolan STPDN 07

Nah, ia pun menekankan pada purna praja agar menunjukan kinerja yang profesional, loyalitas dan berintegritas, sehingga dapat berkontribusi bagi pembangunan daerah.

"Saya harapkan purna praja dapat meningkatkan kompetensi," pinta Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari itu di sela-sela pelantikan IKAPTK Muna, Raha, Senin (22/1/2023).

Bupati Muna, LM Rusman Emba mengaku, keberadaan purna praja STPDN dalam birokrasi sangat membantu jalan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat. Karena itu, ia berjanji akan terus bersinergi dengan IKAPTK dalam merumuskan kebijakan-kebijakan percepatan pembangunan daerah dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Baca Juga: Dana Bergulir Pemda Muna Barat Rp 7 Miliar Berpotensi Macet

"Purna praja adalah aset yang harus kita perdayakan. Di Pusat saja mereka dipakai, apalagi kita di daerah," kata Rusman yang juga merupakan Dewan Pembina IKAPTK Muna.

Begitu juga dengan Pj Bupati Muna Barat, Bahri. Bukan karena latar belakangnya dari STPDN, sehingga banyak purna praja yang dipakai di pemerintahannya. Kata dia, purna praja telah menguasi ilmu pemerintahan, teknis dan sosial kemasyarakatan.

"Purna praja yang ada semua putra daerah. Jadi kita perdayakan mereka untuk membantu proses percepatan pembangunan," ungkap jebolan STPDN 07 itu. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga