Jelang HUT ke-78 RI, Latihan Paskibraka Kolaka Timur Capai 80 Persen

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Selasa, 08 Agustus 2023
0 dilihat
Jelang HUT ke-78 RI, Latihan Paskibraka Kolaka Timur Capai 80 Persen
Pelaksanaan latihan Paskibraka Kabupaten Kolaka Timur sudah mencapai 80 Persen. Foto: Ist.

" Progres latihan Paskibraka Kabupaten Kolaka Timur sudah mencapai 80 persen "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Dalam menyambut HUT ke-78 tahun Republik Indonesia, sebanyak 73 Paskibraka Kabupaten Kolaka Timur menjalani pelatihan di Lapangan Nur Latomoro Rate-Rate dan selanjutnya akan memasuki tahap karantina.

Plt Kepala Badan Kesbangpol Kolaka Timur, Subhan Jaya Sultan mengatakan, untuk progres latihan Paskibraka sudah mencapai 80 persen.

"Dalam proses latihan selama ini sangat baik dan sangat sedikit keluhan sakit, dan hari ini resmi dikarantina hingga tanggal 18 Agustus, dimana proses karantina tersebut akan diberikan materi berupa penguatan nilai Pancasila, wawasan kebangsaan serta karakter kepemimpinan," tandasnya.

Ia mengatakan, ke-73 Paskibraka tersebut dilatih oleh pelatih dari TNI/Polri, dimana dari TNI 3 orang, Polres Kolaka Timur 2 orang serta Kesbangpol 3 orang.

Baca Juga: Anggota Paskibraka Nasional Perwakilan Banten Ternyata Orang Kendari, Ini Sosoknya

Subhan mengatakan, untuk koordinator pelatih tahun ini dari TNI langsung dikoordinir oleh Danramil 01 Tirawuta dan tahun depan bertindak selaku koordinator dari Polri.

"Untuk petugas upacara dari TNI 5 orang dan Polres Kolaka Timur 5 orang, sementara persiapan pengukuhan Paskibraka tanggal 15 Agustus ini," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang HUT ke-78 RI, Proses Seleksi Paskibraka di Konawe Rampung

Ia menjelaskan, ke-73 paskibraka ini merupakan putra-putri terbaik yang ada di Kolaka Timur dan sudah melalui berbagai seleksi yang ada.

Dilansir dari jdih.bpip.go.id tentang Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dalam salah satu poin putusannya menerangkan, badan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ideologi Pancasila dalam hal ini dinaungi Kesbangpol.

Dalam pembentukan Paskibraka dilakukan beberapa tahapan yakni proses seleksi secara online, pemusatan pelatihan dan pendidikan, lalu pengukuran Paskibraka. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga