Jelang Kedatangan Jokowi ke Makassar, Mahasiswa Blokade Jalan Poros

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Rabu, 17 Maret 2021
0 dilihat
Jelang Kedatangan Jokowi ke Makassar, Mahasiswa Blokade Jalan Poros
Mahasiswa blokir jalan Sultan Alauddin Penghubung Kabupaten Gowa dan Makassar. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Innalillah wa Inna ilaihi Roji'un, dimana kemerdekaan hari ini telah direnggut oleh Presiden Joko Widodo. "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Sehari jelang kunjungan Presiden Joko Widodo ke Makassar, puluhan mahasiswa berunjukrasa dengan memblokade Jalan Sultan Alauddin, Kecamatan Tamalate, Makassar, Rabu (17/03/2021).

Sejumlah mahasiswa tersebut dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), yang menamakan diri Aliansi Gerakan Mahasiswa Syariah Bersatu. Mereka memblokade jalan Sultan Alauddin arah pertigaan AP Pettarani.

Blokade atau penutupan jalan itu dilakukan menggunakan truk kontainer, yang dipalang di badan jalan dan mengakibatnya pengendara hanya menggunakan separuh ruas jalan (arah Makassar-Gowa).

Baca juga: Kecelakaan Beruntun, Pria Lansia di Konawe Tewas Terlindas Truk

Selain bertujuan menutup separuh ruas jalan, truk yang dipalang juga dijadikan mimbar orasi.

Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk menolak rencana kedatangan Presiden Joko Widodo di Sulawesi Selatan, yang dalam rangka kunjungannya akan meresmikan beberapa proyek infrastruktur yang telah selesai, salah satunya tol layang AP. Pettarani.

"Innalillah wa Inna ilaihi Roji'un, dimana kemerdekaan hari ini telah direnggut oleh Presiden Joko Widodo," teriak seorang orator.

Penolakan itu juga disuarakan melalui spanduk yang mereka bentangkan. Spanduk tersebut bertuliskan, "Mempertanyakan Kebebasan Berpendapat di Era Kepemimpinan Jokowi," (B)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga