Jelang Lebaran Stok Daging Sapi di Kendari Cukup

Sumarlin, telisik indonesia
Sabtu, 17 Juli 2021
0 dilihat
Jelang Lebaran Stok Daging Sapi di Kendari Cukup
Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Siti Ganef (kanan) bersama Kepala RPH Kendari Raden Romi Yulianto (kiri) mengecek kondisi sapi di penampungan RPH. Foto: Sumarlin/Telisik

" Stok daging sapi di Kota Kendari jelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriah masih mencukupi. Saat ini belasan ekor sapi tersedia di Rumah Potong Hewan Anggoeya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Stok daging sapi di Kota Kendari jelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriah masih mencukupi. Saat ini belasan ekor sapi tersedia di Rumah Potong Hewan (RPH) Anggoeya.

Meskipun jumlah sapi siap potong tersedia, namun Dinas Pertanian mengakui terjadi penurunan jumlah hewan yang disembelih di RPH.

Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Siti Ganef menjelaskan, penurunan terjadi sejak terjadinya pandemi COVID-19 tahun 2020.

Tahun 2019 jumlah hewan yang disembelih sebanyak 9.574 ekor sapi dan 756 ekor kambing. Sedangkan tahun 2020 sebanyak 7.982 ekor sapi dan 509 ekor kambing.

Hal serupa juga terjadi pada jumlah hewan kurban. Pada tahun 2019 sebanyak 2.235 ekor terdiri dari 1.689 ekor sapi dan 546 ekor kambing. Sedangkan tahun 2020 hewan kurban yang disembelih sebanyak 1.879 ekor terdiri dari 1.370 ekor sapi dan 509 ekor kambing.

Baca juga: Pasien Sembuh dari COVID-19 di Kendari Terus Meningkat, Ternyata Ini Penyebabnya

Baca juga: Rumah Kosong Depan Jembatan Teluk Kendari Hangus Terbakar

"Penurunannya sekitar 30 persen, ini karena pandemi dan harga sapi juga mahal mulai dari Rp 11 juta sampai Rp 20 juta," katanya.

Sementara itu, Kepala RPH Kendari Raden Romi Yulianto menjelaskan, stok sapi setiap harinya selalu tersedia, sebab para pemilik sapi sudah memperhitungkan kebutuhan masyarakat.

"Inikan barang mudah rusak, mereka hanya memotong sapi kalau jelas pembelinya. Jadi yang memotong setiap hari itu yang sudah punya pelanggan masing-masing," katanya.

Saat ini setiap harinya hewan yang disembelih di RPH di bawah 20 ekor, menurun jika dibandingkan sebelum pandemi yang rata-rata 23-25 ekor setiap hari.

Penurunan ini juga dipengaruhi rendahnya permintaan dari warung dan rumah makan yang dibatasi bahkan ditutup selama pandemi.

Dia menambahkan, stok sapi Kota Kendari berasal dari sejumlah daerah yaitu, Konawe Selatan, Konawe, Konawe Kepulauan, Muna dan Bombana. (B-Adv)

Reporter: Sumarlin

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga