Jelang Libur Tahun Baru, Objek Wisata Konawe Tetap Buka

Aris Syam, telisik indonesia
Jumat, 31 Desember 2021
0 dilihat
Jelang Libur Tahun Baru, Objek Wisata Konawe Tetap Buka
Kondisi Pantai Toronipa di Kabupaten Konawe. Foto: dok. Telisik

" Objek wisata di Konawe akan tetap dibuka saat libur tahun baru 2022 mendatang, khususnya di pantai "

KONAWE, TELISIK.ID - Menjelang libur tahun baru 2022, sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk menghabiskan waktu libur tersebut dengan mengunjungi objek wisata.

Khusus untuk di Kabupaten Konawe, objek wisata akan tetap dibuka saat libur tahun baru 2022 mendatang, khususnya di pantai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan menuturkan, tekait kebijakan penutupan objek wisata pantai, pihaknya selalu merujuk regulasi dari pemerintah pusat tentang kebijakan-kebijakan yang sifatnya secara nasional. Terlebih lagi di masa pendemi COVID-19.

"Untuk saat ini belum ada regulasi pusat yang mengharuskan penutupan objek wisata saat libur tahun baru," katanya, Jumat (31/12/2021).

Lebih lanjut, kata Ferdinand, Pemkab Konawe belum mewajibkan melampirkan sertifikat vaksin COVID-19 bagi para pengunjung objek wisata.

Menurutnya, intervensi itu sebenarnya bisa saja dilakukan. Hanya saja, kebijakan itu mestinya diatur lewat regulasi yang dikeluarkan pemerintah pusat.

"Kalau terhadap kewenangan PNS, bisa berlaku. Misalnya belum divaksin kita tunda pembayaran gajinya, tapi untuk kebijakan bagi masyarakat umum, tidak bisa. Kecuali yang punya otoritas khusus, misalnya penerbangan,” imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Konawe, Muhammad Nur menjelaskan, khusus di Konawe terdapat destinasi wisata yang menjadi tempat berlibur warga Konawe saat merayakan libur tahun baru.

Objek wisata tersebut diantaranya permandian Kumapodahu di Kecamatan Anggaberi, Air Terjun Andawe di Kecamatan Padangguni, Pantai Toronipa.

Baca Juga: Gua Bidadari Ada di Buton Tengah, Yuk Nikmati Keindahannya

"Kalau Pulau Bokori, pengelolaan objek wisata itu menjadi kewenangan Pemprov Sultra," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada semua destinasi wisata Disparpora Konawe sudah membentuk tim yang bertugas melakukan monitor di setiap objek wisata selama hari libur tahun baru.

Baca Juga: Kendari Water Sport Jadi Pilihan Objek Wisata Saat Malam Hari

“Untuk masuk Toronipa itu sesuai peraturan daerah (Perda), tarifnya Rp 10 ribu per orang. Kalau penyewaan gazebo itu bervariasi, mulai Rp 100-200 ribu. Di situ juga ada banana boat dan wahana permainan air lainnya," pungkasnya. (B)

Reporter: Aris Syam

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga