Jelang Mubes, Intip Profil Bakal Calon Ketua IKA FPIK UHO

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 17 November 2022
0 dilihat
Jelang Mubes, Intip Profil Bakal Calon Ketua IKA FPIK UHO
Bakal calon urutan pertama, Ibrahim Siddiq (kiri), Balon urutan kedua, Abdul Latif (atas) dan balon urutan ketiga, Parno (bawah) yang akan bersaing menjadi Ketua IKA FPIK, periode 2022-2026. Foto: Ist.

" Jelang musyawarah besar (mubes), telah terdata tiga nama bakal calon Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo yang sudah mendaftarkan diri "

KENDARI, TELISIK.ID - Jelang musyawarah besar (mubes), telah terdata tiga nama bakal calon Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Halu Oleo yang sudah mendaftarkan diri.

Ketua panitia mubes IKA FPIK UHO, Wa Iba mengatakan, ketiga bakal calon yang telah mendaftar yang didominasi dari tiga angkatan, yakni 94, 95 dan 97 dan dua jurusan yaitu Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) dan Budidaya Perairan (BDP).

Berikut ini beberapa profil bakal calon Ketua IKA FPIK UHO:

1. Bakal calon urutan pertama

Bakal calon urutan pertama yakni Ibrahim Siddiq, merupakan alumni jurusan Budidaya Perairan (BDP) angkatan 1997, merupakan pria kelahiran Lansilowo, 17 September 1978. Ia kini menjabat Direktur Utama CV Naufal Sejahtera.

Visi yang ia utarakan yaitu membangun kekuatan jaringan alumni FPIK UHO sebagai sumbangsih untuk kemajuan daerah, bangsa dan negara.

Baca Juga: Verifikasi Penerima Bansos Lewat Aplikasi Siks Mobile Terkendala Jaringan

Adapun misinya yaitu menata database alumni, menyelenggarakan bursa kerja alumni dalam rangka pemberdayaan alumni, menjalin kerjasama lintas sektor dan pelatihan kewirausahaan (pengolahan hasil perikanan pengemasan dan pemasaran).

2. Bakal calon urutan kedua

Bakal calon urutan pertama yakni Abdul Latif, alumni jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) angkatan 1995, merupakan pria kelahiran Pasarwajo, 1 Agustus 1978. Kini ia menjabat sebagai Direktur Utama Bank Sultra.

Memiliki visi membawa alumni FPIK UHO bersama bersinergi dalam pembangunan kelautan dan perikanan di Sulawesi Tenggara, nasional dan global. Sedangkan misinya, ia utarakan dalam beberapa poin di antaranya:

- Mempererat komunikasi sesama alumni antar daerah dan wadah atau media aspirasi berbagi informasi dan komunikasi demi kemajuan organisasi dan almamater. Mempererat komunikasi antar alumni dengan almamater.

- Menjaga dan meningkatkan nama baik dan kebanggaan terhadap almamater dengan memberikan pembinaan pada alumni. Serta membangun jaringan kemitraan dan kerjasama antar alumni, pemerintahan dan masyarakat.

- Menyelenggarakan kegiatan sosial yang peduli terhadap masyarakat serta berbagai usaha mandiri pengembangan ekonomi kreatif dan produktif alumni.

- Menjadikan alumni sebagai kader bangsa yang siap untuk mengabdi pada negara bila negara memanggil dan membutuhkan keahlian dan keilmuannya.

- Terbangunnya jejaring alumni berdasarkan keilmuan, keahlian, dan kewilayahan, dalam bingkai NKRI, untuk membawa Indonesia menuju kejayaan melalui bidang perikanan dan kelautan serta segala aspeknya.

- Terbentuknya pribadi alumni yang memiliki komitmen untuk mengembangkan nilai-nilai sesuai dengan disiplin ilmu, profesi dan bidang kehidupan yang dijalani.

3. Bakal calon ketiga

Bakal calon diurutan ketiga merupakan alumni jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) angkatan 1994, merupakan pria kelahiran Kendari, 11 Maret 1975. Sejak 2021 ia memimpin bidang pemasaran bisnis BNI Cabang Kendari. Kini, ia sedang menempuh pendidikan Magister Manajemen (S2) di salah satu kampus di Kendari.

Ia memiliki visi yaitu, terwujudnya IKA FPIK yang solid dan kuat serta berkontribusi di level daerah, nasional dan internasional.

Memiliki misi, meningkatkan solidaritas agar tercipta kekuatan dan kekerabatan alumni serta saling mendukung dalam berkiprah di berbagai bidang pembangunan terutama kelautan dan perikanan serta meningkatkan kontribusi alumni FPIK dalam pembangunan di berbagai sektor terutama sektor kelautan dan perikanan.

Ia juga memaparkan program kerjanya yakni:

- Pembangunan alumni center untuk penguatan soft skill seperti bahasa asing, Microsoft office, menulis sistematik dan membangun tim untuk penyerapan dunia kerja.

- Konsolidasi alumni melalui pendataan alumni bekerjasama dengan FPIK UHO dalam membangun bisnis data real time dan dapat diakses tiap saat.

- Penguatan jejaring alumni melalui event reuni atau olahraga, seni dan akademik secara berkala.

- Peningkatan kerjasama dan lembaga pemerintah, BUMN, swasta, ditingkat nasional dan internasional untuk penyerapan alumni FPIK UHO.

- Pertemuan dan silaturahmi alumni secara rutin (mingguan, bulanan dan tahunan)

- Memberikan informasi secara rutin pada alumni terkait peluang dunia kerja, sekolah dan lain-lain.

- Membangun sistem informasi alumni dan website alumni sebagai wahana komunikasi dan perekrutan informasi.

Segala persiapan jelang mubes telah dikerjakan dengan baik oleh panitia, namun Wa Iba berharap partisipasi serta keterlibatan seluruh alumni FPIK UHO.

"Saya merasa bangga dengan keterlibatan aktif seluruh alumni. Setiap angkatan memberi kontribusi dalam pelaksanaan Mubes ini," tuturnya, Kamis (17/11/2022).

Sementara, Ketua Steering, Irdam Riani mengatakan, kegiatan mubes beserta rangakaiannya telah diinformasikan ke seluruh jurusan dan angkatan, mulai dari angkatan 1994 hingga 2018 pada 5 jurusan dan program studi yang ada di FPIK yaitu: Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), Budidaya Perikanan (BDP), Agribisnis Perikanan (ABP), Ilmu Kelautan (IKL), dan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

"Kami menghimbau kepada semua alumni untuk melurusan niat guna mencapai tujuan mubes yaitu membentuk jejaring yang kuat, keberagaman, kekerabatan dan kemampuan alumni menjadi sumber kekuatan utama untuk mencapai tujuan mubes," tuturnya.

Baca Juga: Target Medali Emas, Kontingen Sepak Bola Kota Kendari Dilepas Menuju Porprov

Kegiatan ini akan diikuti oleh alumni FPIK UHO dari angkatan 94 hingga saat ini, kegiatan ini juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan kekeluargaan yang dibangun oleh ikatan alumni FPIK UHO.

Mubes rencananya akan dihadiri Rektor UHO, Prof Zamrun, juga dihadiri secara virtual oleh Asisten Deputi Kemenko Marves, Muh Rasman Manafi, bertempat Aula Bank Sultra, pada Sabtu, 19 November 2022 mendatang.

Usai pelaksanaan mubes, pada Minggu 20 November 2022 mendatang akan dilaksanakan jalan santai. Jalan santai mengambil rute Eks MTQ Kendari, melewati jalan di perempatan SPBU Saranani, lalu ke RS Korem dan kembali ke depan Kantor Wali Kota Kendari ke arah MTQ.

"Selain jalan santai, juga akan dimeriahkan dengan zumba bersama dan games menarik yang telah dirancang panita untuk memeriahkan mubes," ungkap Wa Iba. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga