Jelang Mudik Lebaran 1443 H, Stok Vaksin COVID-19 di Jatim Melimpah

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Selasa, 12 April 2022
0 dilihat
Jelang Mudik Lebaran 1443 H, Stok Vaksin COVID-19 di Jatim Melimpah
Vaksinal massal di salah satu tempat di Jatim. Foto: Ist.

" Stok vaksin COVID-19 di Provinsi Jawa Timur dipastikan aman dan cukup bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri menyambut perayaan lebaran dan mudik "

SURABAYA, TELISIK.ID - Stok vaksin COVID-19 di Provinsi Jawa Timur dipastikan aman dan cukup bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri menyambut perayaan lebaran dan mudik dalam beberapa minggu ke depan.

"Jumlah vaksin untuk Jatim  banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat mumpung masih di awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik sudah terproteksi," ujar Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (12/4/2022).

Menurut Khofifah, saat ini jumlah stok vaksin di Jatim ada sebanyak 1.071.590 dosis. Vaksin tersebut tersebar di kabupaten kota se-Jatim. Dengan jumlah tersebut Khofifah memastikan akan mampu mencukupi kebutuhan vaksinasi booster bagi masyarakat yang ingin mudik.

Sebab menurut Khofifah, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri. Mengingat dalam prosesnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Investor Jepang Tinjau Potensi Tambang di Buton

"Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Karena kalau orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior," terang orang nomor satu Jatim itu.

Baca Juga: Ini Pernyataan Kapolda Sulsel Terkait 10 Remaja yang Diamankan

Lebih lanjut, mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan bahwa vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintahan Provinsi Jatim. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga