Jelang Pilkada, 3 Ribu Lebih Pemilih Pemula di Buton Selatan Belum Lakukan Perekaman e-KTP

Ali Iskandar Majid, telisik indonesia
Sabtu, 03 Agustus 2024
0 dilihat
Jelang Pilkada, 3 Ribu Lebih Pemilih Pemula di Buton Selatan Belum Lakukan Perekaman e-KTP
Suasana di ruang tunggu pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buton Selatan. Foto: Ali Iskandar Majid/Telisik

" Sekitar 3.096 pemilih pemula di Kabupaten Buton Selatan belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 "

BUTON SELATAN, TELISIK.ID – Sekitar 3.096 pemilih pemula di Kabupaten Buton Selatan belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton Selatan, Faharudin mengatakan, penyebab masih banyaknya pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP disebabkan beberapa indikator, salah satunya permasalahan jaringan internet yang kurang optimal saat melakukan perekaman khususnya wilayah kecamatan yang berada di kepulauan.

Ia menyebutkan, pihaknya selalu membawa orbit untuk menyokong optimalisasi jaringan di wilayah kepulauan Buton Selatan namun tetap masih mengalami kendala. Sebut saja di Kecamatan Batu Atas, salah satu kepulauan yang akses internetnya kurang memadai sehingga perekaman e-KTP sering dilakukan pada malam hari.

Kemudian yang menjadi kendala lainnya adalah ketika pihaknya melakukan penulusuran ke sekolah-sekolah, sering kali ditemukan fakta lapangan bahwa siswa yang bersangkutan tidak berada di sekolahnya.

Untuk dapat memaksimalkan perekaman e-KTP, pihaknya melakukan strategi jemput bola yang bukan hanya menyisir sekolah tingkat menengah atas di Kabupaten Buton Selatan, namun juga melakukan penulusuran ke desa/kelurahan, bekerja sama dengan pemerintah desa/kelurahan setempat.

Baca Juga: Ini Penekanan Bawaslu Bagi Pemilih Pemula Dalam Pengawasan Partisipatif

Saat ini, kata dia, sebanyak 2007 pemilih pemula sudah melakukan perekaman e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Buton Selatan. Kemudian ada penambahan jumlah dari dapodik sebanyak 1670 jiwa pemilih pemula yang melakukan perekaman e-KTP di lingkungan sekolah.

Dengan demikian, sebanyak 3.677 jiwa pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman e-KTP dari total 6.773 pemilih pemula. Saat ini pihaknya terus mengupayakan agar 3.096 jiwa yang belum melakukan perekaman e-KTP, bisa melakukan perekaman sebelum pelaksanaan pilkada.

Fahrudin mengatakan, pihaknya terus melakukan jemput bola perekaman e-KTP bagi pemilih pemula yakni siswa, siswi yang berusia 16 tahun atau lebih yang nantinya akan berusia 17 tahun pada saat pelaksanaan pilkada.  

Baca Juga: Tips Pemilih Pemula Saat Pemilu

Selain itu, pihaknya juga tengah berupaya agar presentase perekaman e-KTP di Buton Selatan dapat menembus target nasional sebesar 99,4 persen. Sementara saat ini presentase yang dicapai Dukcapil Buton Selatan baru 89.76 persen, yang disebabkan oleh pertambahan jumlah penduduk di daerah tersebut.

“Kami mengimbau masyarakat utamanya bagi pemilih pemula, ketika kami menjemput bola di lapangan, penyelesaian DP4 pemula, agar kami dibantu untuk segera melakukan perekaman,” ungkapnya saat ditemui Telisik.id, Jumat (2/8/2024).

Pada kesempatan itu, Fahrudin mengungkapkan, sejauh ini sebanyak 61.189 jiwa telah dilakukan perekaman e-KTP dari jumlah awal 67.962 DP4 Pilkada Buton Selatan. (C)

Penulis: Ali Iskandar Majid

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga