Jelang PPKM Level III Berakhir di Konsel, Capaian Vaksinasi Kedua Masih Rendah

Ashar Hamka, telisik indonesia
Kamis, 24 Februari 2022
0 dilihat
Jelang PPKM Level III Berakhir di Konsel, Capaian Vaksinasi Kedua Masih Rendah
Wakil Bupati Konsel, Rasyid saat rapat analisis dan evaluasi capaian vaksinasi didampingi Sekda Konsel, Sjarif Sajang, Kapolres Konawe Selatan, AKBP Wisnu Wibowo, dan Sekretaris Satgas COVID-19 Asruddin. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Instruksi yang berlaku mulai tanggal 15 hingga 28 Februari 2022 mendatang itu sudah hampir berakhir "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Seperti diketahui, Mendagri Tito Karnavian telah merilis instruksi jikalau Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menjadi salah satu dari daerah di Sulawesi Tenggara yang masuk kategori level III, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Instruksi yang berlaku mulai tanggal 15 hingga 28 Februari 2022 mendatang itu sudah hampir berakhir, terhitung sisa empat hari lagi.

Menyikapi kondisi saat ini, Pemda Konsel terus berupaya meningkatkan akselerasi capaian vaksinasi dosis ke dua dan booster serta akselerasi capaian vaksinasi anak di wilayah Konsel. Wakil Bupati Konsel, Rasyid pun memimpin rapat analisis dan evaluasi capaian vaksinasi.

Dalam rapat di auditorium kantor bupati, Kamis (24/2/2022), terungkap jika vaksinasi dosis dua di Konawe Selatan masih terbilang rendah.

“Vaksinasi dosis dua di Konawe Selatan masih diangka 45 persen. Itulah, yang membuat Konawe Selatan berada pada level tiga,“ ujar Rasyid.

Sesuai data dari gugus tugas penanganan COVID-19 Konsel, cakupan vaksinasi di Konsel ditargetkan pada angka 236.749 ribu jiwa. Di mana, vaksinasi dosis pertama diangka 197.976 ribu atau sekitar 83,62 persen. Sedangkan, dosis dua di angka 113.832 jiwa atau sekitar 48,08 persen. Serta, vaksinasi booster mencapai 2.588 jiwa atau baru diangka 1,09 persen.

Baca Juga: IGD RSUD Bombana Kembali Dibuka Usai 75 Nakes Terkonfirmasi Positif COVID-19

Guna untuk memompa semangat di lapangan, lanjut mantan anggota DPRD Sultra itu, pihaknya melakukan proses pencairan dana desa. Sebab, di dalam anggaran dana desa terdapat delapan persen pembiayaan penanganan COVID-19 di setiap desa.

"Akselerasi vaksin di Konsel kita ingin menggairahkan kembali. Kehadiran camat dan Polres untuk memotivasi kembali utamanya pada penurunan level PPKM," ujar Rasyid.

Baca Juga: Tegakan Disiplin ASN, Satpol PP Konawe Sidak Tiap Kantor SKPD

"Target sasaran di dosis satu presisinya kita ingin nol koma. Setelah dosis dua kita target kembali divaksinasi dosis tiga. Dilingkup aparatur sipil negara dosis tiga vaksinasi boster itu sudah berjalan. Vaksinasi dosis satu kita diangka 43,70 persen kita masih butuh tiga persen. Lansia 55 persen menaikan 60 persen kita butuh lima persen lagi," katanya menambahkan.

Di lain pihak, Sekretaris COVID-19 Asruddin menyebutkan untuk satu data terpadu, diharapkan data yang berasal dari gugus tugas disampaikan ke Dinas Kominfo Konsel untuk selanjutnya disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Konsel, guna divalidasi.

Dinas pendidikan juga melakukan berkoordinasi dengan pihak kecamatan terkait jadwal vaksin, selanjutnya kecamatan yang membuat jadwal vaksinasi. Selain itu, kata Plt Kepala BPBD Konsel ini, pihaknya memastikan ketersediaan vaksin. (C)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga