Jelang Ramadan 1443H, Kakorlantas Mabes Polri Sidak Jalan di Pulau Jawa

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 10 Maret 2022
0 dilihat
Jelang Ramadan 1443H, Kakorlantas Mabes Polri Sidak Jalan di Pulau Jawa
Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi di Surabaya. Foto: Ist

" Sidak kesiapan infrastruktur jalan di pulau Jawa mulai DKI Jakarta hingga Jawa Timur (Jatim) "

SURABAYA, TELISIK.ID - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi sidak kesiapan infrastruktur jalan di pulau Jawa mulai DKI Jakarta hingga Jawa Timur (Jatim). Sidak dilakukan untuk mengetahui kondisi jalan jelang bulan ramadan 1443 H.

"Saya nyoba sendiri nyetir tadi, ternyata orang sampai Jatim ini capek terus bawaannya ingin cepat sampai, laju gak terkontrol akhirnya (tabrak) pagar yang kena. Lalu, hujan deras beberapa ada genangan yang akan berbahaya. Kemudian, muatan lebih jadi temuan kita di jalanan, ini bahaya kalau ada turunan," sebut mantan Asisten Logistik Kapolri itu di Surabaya, Kamis (10/3/2022).

Dikatakan oleh Firman, selama perjalanan ada beberapa temuan yang perlu dilakukan evaluasi dan segera dilakukan penanganan.

"Ada beberapa yang perlu kita persiapkan seperti anggota kita, masyarakat yang melaksanakan mudik. Saya sampaikan perlu persiapan fisik, kemudian kendaraan yang akan digunakan, lalu perilaku saat di jalan, muatan yang dibawa, sampai rencana pariwisata ke tempat yang dituju tolong disiapkan karena masih pandemi," ungkapnya.

Baca Juga: Beberapa Bahan Pokok Mulai Naik Jelang Ramadhan di Kota Baubau

Pria yang juga putra mantan Wapres RI, Try Sutrisno ini mengatakan, temuan lainnya adalah pagar pembatas jalan tol ada beberapa yang rusak, jalan yang bergelombang maupun berlubang.

Baca Juga: Cegah Banjir, Saluran Drainase di Lamba Leda Utara NTT Ditata Kembali

”Kendaraan dengan muatan yang lebih membuat jalan sedikit terhambat atau bahkan tidak mampu menanjak saat di tanjakan” terangnya.

Alumni Akpol 1988 ini menambahkan, jika nanti ramadan tiba, segera persiapan harus segera dilakukan semaksimal mungkin.  Firman Santyabudi mengaku telah  menginstruksikan pada seluruh petugas untuk melakukan pengawasan di berbagai titik rawan.

"Bukan tujuannya untuk memperbanyak tilang masyarakat tapi edukasi. Lebih baik jika masyarakat sadar aturan lalu lintas," tutup mantan Wadirlantas Polda Metro Jaya ini. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga