Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Konawe Meroket

Aris Syam, telisik indonesia
Rabu, 30 Maret 2022
0 dilihat
Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi di Konawe Meroket
Harga daging sapi di Konawe mulai meroket jelang ramadan. Foto: Aris Syam/Telisik

" Harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Konawe merangkak naik. Para pedagang hanya bisa pasrah dan mengikuti perkembangan pasar "

KONAWE, TELISIK.ID - Harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Konawe merangkak naik. Para pedagang hanya bisa pasrah dan mengikuti perkembangan pasar.

Pantauan di Pasar Asinua, Kecamatan Unaaha Kabupaten Konawe, harga daging sapi saat ini terus merangkak naik. Harga daging sapi potong yang semula Rp 130 ribu per kilogram, saat ini tembus Rp 140 ribu hingga Rp 150 ribu per kilogram.

"Sekarang harganya Rp 150 ribu perkilo dari awalnya 130 ribu, dan kemungkinan tidak akan turun karena memang mahal juga harga sapi," kata Logo, salah satu penjual daging sapi, Rabu (30/3/2022).

Logo mengatakan, meskipun daging sapi mahal, tapi antusiasme masyarakat masih tinggi untuk membeli, terlebih lagi untuk kebutuhan menyambut ramadan.

Ia juga memperkirakan, kenaikan harga daging sapi ini, kemungkinan masih terjadi saat memasuki bulan suci ramadan hingga lebaran nanti dan kemudian akan normal lagi harganya.

"Naik harganya sudah sepekan lalu, tapi masyarakat juga masih banyak yang beli," jelasnya.

Baca Juga: H-7 Ramadan, Harga Sembako di Pasaran Merangkak Naik

Meskipun harga daging sapi terbilang cukup mahal, namun masyarakat tetap membeli dengan kebutuhan yang bervariasi, mulai dari 2 hingga 10 kilogram.

Salah satu pembeli, Rusmiati mengatakan, meski harganya terbilang mahal, namun ia tetap membeli daging sapi itu, demi persiapan bulan puasa nanti yang tinggal menghitung hari saja.

"Saya beli 10 kilo, untuk bulan puasa," cetusnya.

Hal senada juga dikatakan Najar, ia membeli daging sapi sebanyak 2 kilogram dan ditambah tulang sebanyak 8 kilogram demi kebutuhan bulan puasa.

Baca Juga: Hadapi Ramadan, Tim PID Muna Jaga Ketersediaan Bahan Pokok dan Kestabilan Harga

"Khusus daging sapi yang mahal ini, untuk tulang saja sudah Rp 130 ribu, apalagi dagingnya capai Rp 135 ribu sampai Rp 140 ribu," ucapnya.

Ia juga meminta agar perhatian pemerintah mengenai kenaikan harga daging sapi ini, terlebih lagi menjelang ramadan yang tentunya masyarakat sangat membutuhkan komoditas yang satu ini.

"Kami berharap pemerintah dapat mengatasi masalah ini, agar semua masyarakat juga bisa menikmati kebutuhan daging sapi selama ramadan," harapnya. (A)

Reporter: Aris Syam

Editor: Kardin

Baca Juga