Jelang Ramadan, Harga Sembako di Buton Stabil

Iradat Kurniawan, telisik indonesia
Kamis, 01 April 2021
0 dilihat
Jelang Ramadan, Harga Sembako di Buton Stabil
Pedagang sembako di Pasar Sabho Pasarwajo, Buton. Foto: Iradat Kurniawan/Telisik

" Harga sembako di pasar masih stabil. "

BUTON, TELISIK.ID - Beberapa hari menjelang bulan suci Ramadan, harga bahan pokok di Kabupaten Buton tidak mengalami perubahan yang cukup berarti, malah cenderung stabil.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, beberapa pedagang sembako di Pasar Sabho Karya Alam yang terletak di kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton harga rata-rata bahan pokok tidak mengalami perubahan yang berarti.

"Harga sembako di pasar masih stabil," ujar Mama Tiara salah satu pedagang di Pasar Sabho, Kamis (1/4/2021).

Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa biasanya mendekati Ramadan harga sedikit akan mengalami perubahan.

"Tapi biasanya satu Minggu jelang puasa ramadan, memang biasanya akan mengalami perubahan," tambahnya.

Baca juga: Soroti Perusahaan Tambang, HIPPMA-KOLSEL Unjuk Rasa di DPRD Kolaka

Senada dengan itu, salah satu pedagang lainnya, Ibu Diana juga mengaku untuk sementara harga sembako di Pasar Sabho masih stabil.

"Perubahan harga tersebut sebenarnya juga tergantung dari jumlah pasokan dari Kota Baubau, semakin banyak pasokan yang masuk maka harga juga akan semakin stabil, malahan akan mengalami penurunan," jelas Ibu Diana.

Harga minyak goreng dan mentega misalnya, dimana, ia saat ini mengalami peningkatan harga disebabkan karena pasokan yang kurang di pasar.

Lebih lanjut, ia meminta dan berharap pemerintah pun selalu memantau harga sembako tersebut, untuk mengantisipasi lonjakan harga yang tidak bisa dikendalikan.

"Biasanya dari Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan selalu mengecek. Mereka setiap bulan selalu datang untuk memantau harga sembako, bahkan dari kepolisian juga ikut memantau," pungkasnya. (B)

Reporter: Iradat Kurniawan

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga