adplus-dvertising

Jelang Tahun Baru, Anak Jalanan di Makassar Berhamburan

Rezki Mas'ud, telisik indonesia
Selasa, 28 Desember 2021
501 dilihat
Jelang Tahun Baru, Anak Jalanan di Makassar Berhamburan
Anjal di jalan lamadukkelleng yang kedapatan berkeliaran di ruas jalan diamankan Dinsos Kota Makassar. Foto: Rezki Mas'ud/Telisik

" Keberadaan anjal gepeng di Kota Makassar kembali ramai di sejumlah ruas jalan "

MAKASSAR, TELISIK.ID - Keberadaan anak jalanan, gelandangan, dan pengemis (anjal gepeng) di Kota Makassar tak ada habisnya. Belakangan, mereka kembali ramai di sejumlah ruas jalan.

Seperti yang terlihat di Jalan Lamadukelleng, Selasa (28/12/2021), segerombolan Anjal tampak menyusuri ruas jalan dan warung kopi yang menjajahkan tissu.

Mereka secara bergantian mendekati pengunjung dan terang-terangan meminta uang seadanya.


Keberadaan Anjal atau gepeng juga kerap terlihat di persimpangan Jalan lampu merah di kota Makassar. Kondisi yang sama juga terjadi di persimpangan Jalan Boulevard dan Pettarani.

Baca Juga: Usai Jokowi Naik Perahu Naga, Bendungan Ladongi Bakal Jadi Lokasi Lomba Dayung

Menanggapi kondisi tersebut, Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Makassar, Muhyiddin Mustaqim mengaku masih terus melakukan pengawasan terhadap keberadaan anjal gepeng di Kota Makassar. Tim Zero Anjal disebutnya, masih terus berpatroli.

Namun dia mengemukakan, saat ini tim gabungan yang terdiri dari Dinsos dan Satpol PP Kota Makassar itu saat ini juga tengah fokus melakukan razia pekerja seks komersial (PSK) atau aksi prostitusi. Sehingga tidak lagi masif mengawasi keberadaan anjal gepeng.

Baca Juga: Putra Bupati Konsel, AJP Kembali Terpilih Ketua KADIN Periode Kedua

“Kita tetap beroperasi melakukan pengawasan, apalagi menjelang akhir tahun ini. Cuma kan ini tim sama dengan Satgas Raika, jadi selain mengawasi anjal gepeng juga prokes dan lain-lain,” kata Muhyiddin.

Kendati begitu, Muhyiddin tak menampik memang masih ada sejumlah ruas jalan yang kini kembali dijadikan lokasi strategis bagi anjal gepeng. Makannya, ia akan tetap melakukan pemantauan menjelang akhir tahun ini.

Apalagi biasanya pada perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) kerap dijadikan momentum bagi anjal gepeng untuk mengais rupiah. Bahkan banyak juga yang datang dari daerah-daerah tetangga Kota Makassar.

“Sampai akhir tahun ini kita akan tetap awasi dan tim tetap jalan. Banyak yang sudah kita razia itu. Intinya kita jalan terus,” tandasnya. (C)

Reporter: Rezki Mas'ud

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga