Jelang Wisuda, Freelancer Foto jadi Usaha Mahasiswa yang Hobi Fotografi

Ahmad Badaruddin, telisik indonesia
Sabtu, 29 Juli 2023
0 dilihat
Jelang Wisuda, Freelancer Foto jadi Usaha Mahasiswa yang Hobi Fotografi
Salah satu hasil jepretan freelancer foto yang mengabadikan momen ujian akhir salah satu mahasiswa. Foto: Ist.

" Freelancer atau pekerja lepas adalah sebuah pekerjaan yang kerap digandrungi para mahasiswa mengingat pekerjaan tersebut tidak mengikat pada tempat ataupun waktu. Selain itu pekerjaan ini biasanya berkutat di bidang seni dan hobi, salah satunya adalah fotografi "

KENDARI, TELISIK.ID - Freelancer atau pekerja lepas adalah sebuah pekerjaan yang kerap digandrungi para mahasiswa mengingat pekerjaan tersebut tidak mengikat pada tempat ataupun waktu. Selain itu pekerjaan ini biasanya berkutat di bidang seni dan hobi, salah satunya adalah fotografi.

Di musim ujian akhir dan wisuda, peran fotografi menjadi penting untuk para mahasiswa, mengingat hal ini adalah momen-momen terakhir mereka menyandang status mahasiswa dan juga menjadi momen saksi perjuangan mereka selama kurang lebih 4 tahun lamanya. Untuk itu banyak mahasiswa yang hobi fotografi menjadikan kesempatan seperti ini sebagai sebuah usaha.

Bermodalkan Kamera, skill fotografi yang terlatih dan kenalan sesama mahasiswa ataupun kenalan dari mulut ke mulut, jasa para freelancer foto ini sering terlihat di berbagai kesempatan ujian-ujian mahasiswa hingga wisuda, seperti pada pegelaran wisuda Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari para Selasa (25/7/2023) lalu yang diadakan di Hotel Claro Kendari.

Baca Juga: Video: Pantai Pasir Putih Wambuliga, Desa Wisata Sombu

Salah satu freelancer fotografi yang telah memiliki jam terbang yang lumayan tinggi adalah Sri Julianti. Wanita yang merupakan mahasiswa Jurnalistik, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari tersebut telah beberapa kali digunakan jasanya untuk mengabadikan gambar para kenalannya ataupun orang yang percaya akan reputasinya saat sedang melakukan ujian akhir skripsi.

Kepada Telisik.id, Juli, begitu ia kerap disapa, mematok harga untuk jasanya tersebut berdasarkan sesi ataupun person mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 300.000. Juli juga menambahkan selama musim ujian akhir skripsi dan wisuda ini dirinya telah meraup untung sebesar Rp 1 juta lebih.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa saat wisuda IAIN Kendari yang lalu, dirinya mendapatkan 1 orang pelanggan secara penuh untuk mengabadikan momen saat pelanggannya tersebut menanggalkan identitas mahasiswanya.

“Waktu wisudanya IAIN, saya sempat dapat satu orang untuk difoto,” tulisnya via Whatsapp kepada Telisik.id, Sabtu (29/7/2023).

Salah satu pengguna jasa Juli, Andi Nur Ahyani, turut membagikan kesannya saat menggunakan jasa freelancer foto wanita tersebut. Menurut pengakuan Andi Nur, dirinya nyaman menggunakan jasa Sri Julianti karena mereka merupakan sesama wanita dan memiliki visi yang sama tentang hasil gambar tertentu.

Baca Juga: Tari Hesurabi, Atraksi Budaya Khas Desa Wisata Sombu

“Karena sesama cewe jadi nyaman menggunakan jasanya, karena tidak kaku kalau sama-sama cewe,” paparnya.

Selain Andi Nur, salah satu pengguna jasa Juli yang saat ini telah menjadi Alumni jurusan Pendidikan Biologi, Eko Budiono turut menyampaikan pendapatnya. Menurutnya penggunaan jasa freelancer foto ini menghemat waktunya dan tak perlu mengantri cukup lama di studio foto.

"Pilih jasa ini karena lebih cepat, dari pada mengantri lama-lama lagi di studio foto," ungkap Eko.

Untuk kalian para Telisikers yang ingin mencoba jasa Juli untuk mengabadikan momen-momen akhir perkuliahan Telisikers atau keluarga kalian, kalian bisa mencoba hubunginya di akun instagram miliknya @hypervieww_. (A)

Penulis : Ahmad Badaruddin

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga