Jepang Tawarkan Wisata Luar Angkasa Sensasi Berada di Atas Bumi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 24 Februari 2023
0 dilihat
Jepang Tawarkan Wisata Luar Angkasa Sensasi Berada di Atas Bumi
Perusahaan Jepang, Iwaya Giken menawarkan wisata ke luar angkasa dengan cara yang tak biasa. Perusahaan ini menjanjikan penumpang pemandangan kelengkungan bumi dari ketinggian 15 mil (25 km). Foto: Repro Dailymail.co.uk

" Penumpang nantinya menggunakan balon helium. Balon udara ini akan membawa wisatawan mencapai stratosfer dalam waktu 2 jam "

TOKYO, TELISIK.ID - Perusahaan Jepang, Iwaya Giken menawarkan wisata ke luar angkasa dengan cara yang tak biasa. Perusahaan ini menjanjikan penumpang pemandangan kelengkungan bumi dari ketinggian 15 mil (25 km). 

Melansir Sindonews.com, penumpang nantinya menggunakan balon helium. Balon udara ini akan membawa wisatawan mencapai stratosfer dalam waktu 2 jam.

Terlepas dari harganya yang mahal, CEO Iwaya Giken, Keisuke Iwaya, mengatakan ide penggunaan balon helium sebagai sarana wisata ke luar angkasa untuk memangkas biaya yang mahal jika menggunakan pesawat luar angkasa.

"Idenya adalah membuat wisata antariksa untuk semua orang," katanya seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Balon ini mampu membawa dua penumpang dalam kabin khusus untuk mencapai lapisan kedua atmosfer atau stratosfer. Kabin plastik kedap udara berbentuk drum berukuran lebar sekitar 1,5 meter yang dipasang atau digantung pada balon helium selebar 44 meter.

Baca Juga: Unik, Perusahaan di China Wajibkan Wawancara Kerja Pakai Topeng

Balon itu menawarkan pemandangan bumi dari luar angkasa yang indah, melalui jendela di bagian depan dan belakang kabinnya yang berbentuk drum. Perjalanan lepas landas dari pelabuhan balon di Hokkaido, Jepang.

Sementara penumpang tidak akan berada di luar angkasa, mereka akan lebih tinggi dari pesawat jet yang terbang dan memiliki pandangan yang tidak terhalang ke luar angkasa.

Keisuke Iwaya mengatakan, penumpang tak perlu menjadi miliarder, menjalani pelatihan intensif atau memiliki keterampilan bahasa yang diperlukan untuk terbang di pesawat ruang angkasa lain.

Perusahaannya telah mengerjakan balonnya selama lebih dari satu dekade, yang menurutnya aman, ekonomis, dan lembut untuk manusia.

Baca Juga: Sistem Pendeteksi Asteroid China Terget Selesai 2025

Agen perjalanan Jepang JTB Corp setuju untuk bekerja sama melakukan perjalanan komersial pertama ke luar angkasa paling cepat akhir tahun ini. Lima penumpang pertama yang dipilih akan diumumkan pada Oktober 2023 dan penerbangan akan dilakukan sekitar satu minggu kemudian, bergantung pada cuaca.

Iwaya Giken bukan satu-satunya perusahaan yang berencana menawarkan pengalaman wisata ke luar angkasa menggunakan balon udara. Pada Desember 2022, perusahaan Halo Space yang berbasis di Madrid menyelesaikan uji terbang balon helium pertama yang sukses membuatnya melayang sejauh 37 km ke stratosfer.

Namun, harga tiket yang ditawarkan lebih mahal dari yang harga Iwaya Giken, sekitar USD200.000 (Rp 3 miliar lebih). Perusahaan Spanyol lainnya, Zero 2 Infinity, berencana untuk mengapungkan warga sipil sekitar 40 km di atas permukaan bumi menggunakan balon helium berdiameter 420 kaki. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga