adplus-dvertising

Jika Berpasangan di Pilgub 2024, Rusman Emba dan Lukman Abunawas Dinilai Kuat

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 12 Mei 2022
866 dilihat
Jika Berpasangan di Pilgub 2024, Rusman Emba dan Lukman Abunawas Dinilai Kuat
Rusman Emba (kiri) dan Lukman Abunawas (kanan), jika berpasangan di Pilgub Sulawesi Tenggara dinilai ideal dan kuat. Foto: Ist

" Duet Rusman Emba-Lukman Abunawas mengemuka di bursa pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Duet Rusman Emba-Lukman Abunawas mengemuka di bursa pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara 2024. Keduanya digadang-gadang paslon ideal dan kuat, untuk bertarung di Pilgub mendatang.

Pengamat Politik Sulawesi Tenggara, Dr Najib Husain mengatakan, perpaduan antara Lukman Abunawas dan Rusman Emba, merupakan konfigurasi ideal antara keterwakilan daratan dan kepulauan.

Itu sudah termasuk perpaduan antara senior dan junior. Jika benar-benar keduanya berkongsi di Pilgub 2024, akan menjadi pasangan calon yang cukup menarik. Hal itu karena, dua figur ini juga merupakan perpaduan antara birokrat dan politisi ulung.


"Rusman Emba dikenal sebagai politisi petarung, cakap dan ulet, dan Lukman dianggap sebagai tokoh birokrat di Sulawesi Tenggara," kata Najib Husain, Kamis (12/5/2022).

Di sisi lain kata dia, simbol ketokohan Lukman sebagai perwakilan daratan, sangat mewakili. Begitu juga dengan Rusman Emba yang mewakili kepulauan. Modal tersebut begitu kuat merebut mayoritas suara pemilih yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Baca Juga: Mediasi Tuntas, Pergantian Ketua DPRD Muna Tetap Berlanjut

Pasalnya, kedua tokoh ini sudah teruji. Rusman Emba dua kali menang di Muna. Kemudian pernah duduk sebagai pimpinan DPRD Sulawesi Tenggara dan mantan anggota DPD/MPR RI.

Baca Juga: Pimcab PKN Sulawesi Tenggara Optimis Menangkan Pemilu di Bawah Komando Umar Samiun

Sementara Lukman Abunawas pernah menjadi bupati dua periode di Konawe dan sekarang wakil gubernur, juga Ketua DPD PDIP Sulawesi Tenggara.

"Jadi, napak tilas politik tersebut menandakan keduanya memiliki basis suara yang sangat diperhitungkan. Terkait siapa yang akan menjadi 01 atau 02, tergantung dari komunikasi keduanya atau elektabilitas masing-masing," beber Najib.

Doktor jebolan Universitas Gajah Mada ini menambahkan, jika Rusman dan Lukman Abunawas benar-benar berkongsi di Pilgub nanti, akan menjadi sebuah catatan penting dan peringatan bagi figur lain yang berhasrat tarung di Pilgub 2024. (C)

Reporter: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga