Jika Jokowi Jadi ke Muna, Plt Bupati Muna Bakal Bisikan Usulan Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur

Sunaryo, telisik indonesia
Jumat, 22 Maret 2024
0 dilihat
Jika Jokowi Jadi ke Muna, Plt Bupati Muna Bakal Bisikan Usulan Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta. Foto: Ist.

" Pemerintah Daerah (Pemda) Muna mulai mempersiapkan penyambutan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan pada 26 Maret mendatang "

MUNA, TELISIK.ID - Pemerintah Daerah (Pemda) Muna mulai mempersiapkan penyambutan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan pada 26 Maret mendatang.

Meski belum ada kepastian kunjungan, Pemda bersama pihak keamanan TNI/Polri menggelar rapat pemantapan guna penyambutan RI 1, Jumat (22/3/2024).

Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta tidak akan menyianyiakan kunjungan Jokowi itu. Katanya, kunjungan Jokowi akan membawa rahmat bagi daerah.

Baca Juga: Jadi Tidaknya Jokowi Berkunjung di Muna, Pemda Tetap Stand By

Selain akan meminta pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi kerakyatan, Bachrun juga akan membisikan usulan pemekaran Kota Raha yang telah mengantongi amanat presiden (Ampres) sejak tahun 2013 dan Muna Timur.

"Usulan pemekaran Kota Raha dan Muna Timur menjadi prioritas yang akan saya sampaikan ke Presiden, Jokowi," kata Bachrun.

Pemekaran Kota Raha dan Muna Timur harga mati harus diperjuangkan. Karena dengan menjadi daerah otonom baru (DOB), dua daerah itu bisa maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya sangat mendukung full usulan pemekaran itu," tegasnya.

Sesuai rencana, Jokowi ke Muna akan mengunjungi Pasar Sentral Laino, Kecamatan Batalaiworu dan pabrik jagung di Desa Bea, Kecamatan Kabawo.

Terkait kunjungan di pabrik jagung, ia sangat berterima kasih. Karena, idenya mengembangkan jagung selaras dengan pikiran presiden.

"Kunjungan pak presiden merupakan rahmat Allah SWT. Biasanya, bila daerah sudah pernah dikunjungi RI 1, akan ada berkah yang turun," terangnya.

Baca Juga: Jokowi Bakal ke Muna dan Muna Barat, Ini Agendanya

Tim pemekaran Kota Raha, Ahmad Zakaria menerangkan, rencana kunjungan Jokowi, harus dimanfaatkan untuk kepentingan dan kemajuan daerah.

Ia pun mengajak seluruh tim pemekaran bersama-sama Pemda dan DPRD  untuk bersama-sama memperjuangan usulan pemekaran.

"Kami akan siapkan seluruh dokumennya," kata Zakaria. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga