Jika Konstitusi Mengijinkan, NasDem Terdepan Usung Presiden Jokowi Tiga Periode

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 28 Februari 2022
0 dilihat
Jika Konstitusi Mengijinkan, NasDem Terdepan Usung Presiden Jokowi Tiga Periode
Ketum Partai NasDem, Surya Paloh. Foto: Try Wahyudi Ari Setyawan/Telisik

" Adanya wacana partai politik yang menginginkan adanya masa perpanjangan presiden "

SURABAYA, TELISIK.ID - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengatakan jika konstitusi mengijinkan, maka partainya yang akan terdepan untuk mengusung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk ketiga kalinya.

“Sudah jangan ditanya lagi, dipastikan NasDem yang akan terdepan dalam segala upaya dan doa agar Presiden Jokowi untuk meneruskan periode ketiga,” jelasnya saat menghadiri rapat koordinasi pemenangan Pemilu 2024 di Surabaya, Senin (28/2/2022).

Adanya wacana partai politik yang menginginkan adanya masa perpanjangan presiden, kata Surya Paloh, pihaknya tak tertarik untuk membahas tersebut.

“Masih banyak yang harus dilakukan partai NasDem. Kami ingin konsolidasi urusan lain. Namun demikian, kami menghormati pikiran Parpol lainnya yang memiliki argumentasi sendiri untuk mengusulkan agar Presiden Jokowi diperpanjang jabatannya,” jelasnya.

Isu penundaan pemilu 2024 hingga membuat masa jabatan Presiden Jokowi diperpanjang muncul lagi. Padahal Jokowi sudah berulang kali menolak perpanjangan jabatan atau tiga periode. Akankah sikap Jokowi berubah?

Baca Juga: PAN Setuju Pemilu 2024 Diundur, Salah Satu Alasannya Perang Rusia-Ukraina

Wacana perpanjangan masa jabatan presiden itu muncul seiring dengan usulan amandemen UUD 1945 pada 2019. Isu itu kemudian bergulir di ranah publik dan menjadi polemik.

Baca Juga: Kalahkan Khofifah dan Presiden Jokowi, Emak-Emak di Jatim Puas Kinerja Emil Dardak

Sebelumnya, sehari setelah Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan pemilu ditunda, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengusulkan hal serupa.

Ketum Golkar tersebut berjanji akan menyampaikan aspirasi soal perpanjangan masa jabatan presiden kepada Presiden Jokowi dari petani di Kampung Libo Jaya, Kandis, Kabupaten Siak, Riau.

Aspirasi tersebut berkenaan dengan keinginan petani tersebut agar Jokowi kembali memimpin Indonesia sebagai presiden. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Kardin

Baca Juga