adplus-dvertising

Jika Tak Ada Cristiano Ronaldo dan Messi, 10 Pemain Ini Layak Raih Trofi Ballon dOr

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 17 Maret 2021
1071 dilihat
Jika Tak Ada Cristiano Ronaldo dan Messi, 10 Pemain Ini Layak Raih Trofi Ballon dOr
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saat meraih Trofi Ballon dOr. Foto: Repro google.com

" Kedua megabintang dari dua club berbeda ini, silih berganti menyandang predikat pemain terbaik di dunia. Cristiano Ronaldo yang kini menjadi megabintang Juventus dan Lionel Messi sebagai kapten Barcelona. "

BARCELONA, TELISIK.ID - Penghargaan Ballon dOr sejak 2008 hingga 2017, telah didominasi oleh dua pesepak bola dunia, yakni Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kedua megabintang dari dua club berbeda ini, silih berganti menyandang predikat pemain terbaik di dunia. Cristiano Ronaldo yang kini menjadi megabintang Juventus dan Lionel Messi sebagai kapten Barcelona.

Keberadaan Ronaldo dan Messi membuat para pemain hebat lainnya kehilangan sinar mereka dalam penghargaan Ballon dOr. Jika kedua megabintang ini tidak ada, maka siapakah yang layak menyandang pemain terbaik di dunia.


Melansir okezone.com yang mengutip dari Sportskeeda, Selasa (16/3/2021), berikut 10 pemain yang akan meraih Ballon dOr sejak 2008 hingga 2017:

10. Fernando Torres (2008)

Fernandeo Torres adalah salah satu penyerang mematikan pada eranya. Pemain asal Spanyol itu mencuri perhatian pada musim 2007-2008 saat tampil luar biasa bersama Liverpool. Dia mencetak 33 gol dalam 46 penampilan pada musim itu. Torres pun mencetak dua gol di Piala Eropa 2008 yang salah satunya tercipta di final sehingga mengantarkan timnya menjadi kampiun. Akan tetapi, Ballon dOr 2008 menjadi milik Cristiano Ronaldo.

9. Xavi Hernandez (2009)

Xavi Hernandez bermain luar biasa di lini tengah Barcelona pada musim 2008-2009. Pemain asal Spanyol itu membantu Barcelona untuk menjuarai Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub. Xavi mencatatkan 31 assist dan 10 gol pada musim itu. Meski begitu, Lionel Messi yang memenangkan Ballon dOr 2009.

8. Andres Iniesta (2010)

Lionel Messi memenangkan Ballon d'Or 2010, tetapi rekan setimnya di Barcelona saat itu, Andres Iniesta, juga layak menjadi pemain terbaik di dunia. Bagaimana tidak, Iniesta mencetak gol tunggal kemenangan Tim Nasional (Timnas) Spanyol di final Piala Dunia 2010. Selain itu, dia pun berperan besar dalam keberhasilan Barcelona menjuarai Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol.

Baca juga: Jika Cristiano Ronaldo Kembali, 4 Pemain Real Madrid Ini Terancam

7. Xavi Hernandez (2011)

Xavi Hernandez kembali tampil impresif bersama Barcelona pada musim 2010-2011. Dia menjadi jenderal di lini tengah Barcelona dan membantu timnya meraih trofi Liga Spanyol, Liga Champions, dan Piala Super Spanyol, pada musim itu. Akan tetapi, trofi Ballon dOr justru jatuh ke pelukan La Pulga –julukan Lionel Messi.

6. Andres Iniesta (2012)

Andres Iniesta kembali masuk dalam daftar ini karena tampil impresif pada musim 2011-2012. Pemain asal Spanyol itu membentuk kemitraan yang baik dengan Xavi Hernandez di lini tengah Barcelona. Iniesta membantu Barcelona menjuarai Piala Super Spanyol dan Copa Del Rey. Dia juga menjadi bagian penting dari Timnas Spanyol yang mempertahankan gelar juara Piala Eropa pada 2012 silam. Akan tetapi, itu tidak cukup untuk mengalahkan Lionel Messi dalam perburuan Ballon dOr.

5. Franck Ribery (2013)

Franck Ribery berada dalam daftar ini karena penampilan impresifnya bersama Bayern Munich pada musim 2012-2013. Dia menjadi sosok penting di lini depan Bayern yang membantu timnya menjuarai Liga Jerman, DFB Pokal, Liga Champions, dan Piala Dunia Klub. Akan tetapi, predikat pemain terbaik di dunia menjadi milik Cristiano Ronaldo.

4. Manuel Neuer (2014)

Manuel Neuer menjadikan Timnas Jerman juara Piala Dunia 2014 berkat aksinya di bawah mistar gawang. Dia pun berperan besar dalam kesuksesan Bayern Munich yang meraih trofi Liga Jerman, DFB Pokal, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub. Akan tetapi, Cristiano Ronaldo yang menjadi pemain terbaik dunia 2014.

3. Neymar Jr (2015)

Neymar Jr mencuri perhatian dengan penampilannya bersama Barcelona pada musim 2014-2015. Dia membentuk trio mematikan bersama Luis Suarez dan Lionel Messi di lini depan Barcelona, yaitu MSN (Messi, Suarez, Neymar). Neymar mencatatkan 39 gol pada musim itu dan membantu Barcelona meraih trofi Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Klub. Akan tetapi, Lionel Messi yang dianugerahi trofi Ballon dOr.

2. Antoine Griezman (2016)

Antoine Griezmann memenangkan Sepatu Emas saat Timnas Prancis gagal di final Piala Eropa 2016. Dia menorehkan enam gol dalam turnamen itu. Selain meraih Sepatu Emas, Griezmann pun dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Eropa 2016. Dia juga menikmati musim paling produktifnya bersama Atletico Madrid dengan torehan 32 gol. Meski begitu, Griezmann kalah dari Cristiano Ronaldo dalam perebutan Ballon dOr.

1. Neymar Jr (2017)

Neymar Jr mendapatkan kesempatan kedua untuk memenangkan Ballon dOr pada 2017. Akan tetapi, dia dikalahkan oleh Cristiano Ronaldo. Padahal, dia mencatatkan 20 gol dan 26 assist dalam 45 penampilan pada musim pamungkasnnya bersama Barcelona. Pemain asal Brasil itu menjadi salah satu kunci Barcelona untuk menjuarai Copa del Rey. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga