Jokowi Batal Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Konsel, Ini Alasannya

Hamka Dwi Sultra, telisik indonesia
Rabu, 30 Juni 2021
0 dilihat
Jokowi Batal Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Konsel, Ini Alasannya
Vaksinasi massal di lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan. Foto: Hamka/Telisik

" Vaksinasi massal tetap dilaksanakan dengan antusias masyarakat yang hadir di lokasi vaksin dari masing-masing warga Kecamatan Ranomeeto, Ranomeeto Barat, dan Konda "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal tinjau langsung pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 di lapangan Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (30/6/2021).

Kendati demikian, Presiden Jokowi meninjau dan menyaksikan vaksinasi massal tersebut yang digelar oleh masing-masing Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui virtual aplikasi zoom, termasuk di Konsel.

Dari pantauan Telisik.id, vaksinasi massal tetap dilaksanakan dengan antusias masyarakat yang hadir di lokasi vaksin dari masing-masing warga Kecamatan Ranomeeto, Ranomeeto Barat, dan Konda.

Presiden Jokowi melalui virtual berpesan agar Pemda Konsel mendukung program kerja pemerintah pusat dalam penanggulangan wabah COVID-19 melalui vaksinasi massal dengan target sasaran 1 juta vaksin setiap hari.

"Saya minta Pemda Konsel dorong program vaksinasi massal demi tanggulangi virus corona. Mengejar target 1 juta dan berkembang hingga 2 juta vaksin perhari secara nasional," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Konsel, Sjarif Sajang mengatakan, hari ini telah melaksanakan vaksinasi massal secara serentak di seluruh puskesmas Kecamatan.

Baca Juga: Sebagian Alkes Harus Dipesan di Luar Negeri, Proyek Pembangunan RSUD Busel Diadendum

"Adapun hari ini jumlah yang telah tervaksin untuk di Tribun Ranomeeto gabungan tiga Kecamatan mencapai 768 dosis," sebutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Konsel, dr. H. Maharayu mengungkapkan, target vaksin di lokasi tersebut berjumlah 1000 orang dari 2.300 orang target yang tersebar di masing-masing Puskesmas se-Konsel dalam sehari.

"Yang digunakan vaksin sinovac," si singkatnya.

Selain itu, vaksin tersebut merupakan program Pemda Konsel dalam upaya mencegah COVID-19 di Konsel yang kegiatannya bertepatan dengan kunjungan Presiden Jokowi di Kendari.

"Yang jelas tiap hari masing-masing Puskesmas di Konsel menggelar vaksin. Hanya kebetulan hari ini Presiden datang," jelasnya.

Adapun target keseluruhan Pemda Konsel dalam program vaksin, kata dia, sebanyak 42.994 target sasaran.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dijadwalkan akan memantau langsung pelaksanaan vaksinasi massal di lapangan Sepak Bola Sorumba, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yang digelar hari iini Rabu (30/6/2021).

Baca Juga: Jokowi Pantau Vaksinasi Massal di Mubar Lewat Vicon

Pemantauan tersebut merupakan rangkaian kunjungan Presiden Jokowi di Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam rangka membuka kegiatan Munas Kadin Indonesia ke-VIII.

"Setelah kami berkomunikasi dengan Paspampres, dijadwalkan Presiden Jokowi akan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Ranomeeto," ungkap Bupati Konsel, Surunuddin Dangga, Selasa (29/6/2021) kemarin.

Namun, agenda tersebut batal karena Presiden Jokowi telah membatasi titik kunjungannya di Kota Kendari, dari lima titik menjadi dua titik. Hal itu, dikarenakan karena saat ini masih situasi pandemi COVID-19.

"Semata-mata karena alasan pandemi saja," kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra. (A)

Reporter: Hamka Dwi Sultra

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga