Jokowi Gratiskan Tiga Bulan Bayar Listrik Pelanggan 450 VA

Muhammad Israjab, telisik indonesia
Selasa, 31 Maret 2020
0 dilihat
Jokowi Gratiskan Tiga Bulan Bayar Listrik Pelanggan 450 VA
Masyarakat miskin akan dapat gratis listrik tiga bulan. Foto: Google repro.com

" Yang jumlahnya 24 juta pelanggan akan digratiskan 3 bulan ke depan, untuk April Mei dan Juni 2020. "

KENDARI, TELISIK.ID - Presiden Jokowi menggratiskan tarif listrik terhadap masyarakat yang memiliki daya listrik di rumahnya sebesar 450 VA.

"Yang jumlahnya 24 juta pelanggan akan digratiskan 3 bulan ke depan, untuk April Mei dan Juni 2020," ujar Presiden Jokowi, dalam keterangan pers di Istana Bogor, Selasa (31/3/2020), dikutip dari vivanews.com.

Pelanggan untuk 450 VA ini memang banyak digunakan oleh masyarakat miskin. Sehingga diharapkan, imbas COVID-19 ini bisa meringankan beban mereka. Sementara itu, jelas Jokowi, pemerintah juga memberikan kelonggaran untuk pelanggan listrik 900 VA.

Selain itu pemerintah juga memberikan relaksasi untuk pelanggan 900 VA. Golongan itu akan diberikan diskon tarif sebesar 50?ngan masa pemberlakuan yang sama.

"Sedangkan pelanggan 900 VA jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50%. Artinya bayar separuh untuk April, Mei dan Juni 2020," tuturnya.

Jelas Jokowi, pemerintah mengambil keputusan untuk menetapkan status akibat wabah COVID-19 perlu banyak perhitungan. Tidak bisa mencontoh negara lain karena banyak aspek yang juga berbeda.

Tetapi yang jelas, kata dia, pemerintah tetap harus menyiapkan jaring pengaman sosial. Untuk itu, ia memfokuskan pada penyelamatan elemen paling bawah, yakni masyarakat kecil.

 

Reporter: Muhammad Israjab

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga