Jokowi ke NTT Lagi, Resmikan Bandar Udara Komodo yang Sudah Diperluas

Berto Davids, telisik indonesia
Kamis, 21 Juli 2022
0 dilihat
Jokowi ke NTT Lagi, Resmikan Bandar Udara Komodo yang Sudah Diperluas
Presiden RI dan Ibu Negara beserta rombongan terbatas tiba di Labuan Bajo, Kamis (21/7/2022). Foto: Ist.

" Kali ini Presiden Jokowi datang ke NTT untuk meresmikan Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yang saat ini telah diperluas "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Presiden Jokowi berkunjung lagi ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk kesekian kalinya.

Kali ini ia datang untuk meresmikan Bandar Udara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, yang saat ini telah diperluas.

Tiba di Labuan Bajo Kamis pagi (21/7/2022), Kepala Negara langsung meresmikan Bandar Udara Komodo.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya amat memuji keindahan alam dan budaya di Labuan Bajo. Presiden juga mengapresiasi pembangunan yang dikerjakan oleh pemerintah untuk mendukung Labuan Bajo sebagai destinasi super premium di Indonesia.

“Apa sih yang masih kurang dari Labuan Bajo. Jalan sudah diperlebar dan diperpanjang kemudian pelabuhan sudah dipindah dari sini ke lokasi yang baru. Kemudian tempat-tempat destinasi wisata juga sudah dipercantik,” kata presiden.

Baca Juga: Manggarai Kena Sanksi Tunda Dapat DAU, Koordinasi Bupati dan DPRD Lemah

“Labuan Bajo ini komplit, budaya ada, pemandangan sangat bagus, pantainya cantik dan di dunia yang nggak ada, gak ada di tempat lain itu ada yaitu komodo yang ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca,” ujarnya menambahkan.

Keindahan alam dan keunikan budaya Labuan menurut Presiden Jokowi, merupakan kekuatan dan alasan kenapa pemerintah terus memperbaiki dan menambah fasilitas pariwisata Labuan Bajo.

“Kekuatan inilah yang harus kita pakai untuk mensejahterakan rakyat kita di sini. Oleh sebab itu fasilitas yang kurang terus akan kita perbaiki. Ini Bandara Komodo, terminal sudah diperlebar masih kurang ya diperlebar lagi nanti semakin penuh semakin penuh ya harus diperluas lagi,” sebut dia.

"Kalau ditambah 100 meter sudah widebody sudah bisa masuk. Tambah kalau tidak bisa tahun ini maksimal tahun depan harus selesai hingga pesawat-pesawat dan penerbangan langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo,” cetus Presiden Jokowi.

Dengan perluasan Bandara Komodo, harap presiden, kunjungan turis mancanegara dan wisatawan nusantara terus bertambah.

Baca Juga: Segera Diberlakukan, Pergi ke Area Publik di Jawa Timur Wajib Vaksin Booster

“Kita harapkan dengan tambahnya turis baik dari mancanegara maupun wisatawan nusantara, Labuan Bajo menjadi semakin dikenal dan yang paling penting bisa mensejahterakan masyarakat kita utamanya masyarakat Nusa Tenggara Timur,” pungkas presiden dilanjutkan prosesi pemukulan gendang dan penandatanganan prasasti Bandar Udara Komodo Labuan Bajo.

Untuk diketahui, perluasan Bandara Komodo dilakukan sejak tahun 2019 berdasarkan Instruksi Presiden dalam rangka mendukung program pariwisata 10 Bali Baru di Indonesia.

Panjang runway atau landasan pacu Bandara Komodo saat ini yakni 2600 meter dan akan ditambah 100 meter lagi sehingga bandara ini dapat didarati pesawat berbadan lebar. Sejauh ini Bandara Komodo didarati oleh pesawat jet narrow body. (C)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga