Jokowi Kumpulkan 6 Ketum Parpol di Istana, Demokrat: Istana untuk Kepentingan Rakyat

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Kamis, 04 Mei 2023
0 dilihat
Jokowi Kumpulkan 6 Ketum Parpol di Istana, Demokrat: Istana untuk Kepentingan Rakyat
Pertemuan enam Ketum Parpol di Istana dikritik karena dianggap menyalahgunakan istana untuk kepentingan politik. Foto: Repro Politik.rmol.id

" Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menilai, Istana Presiden seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat dan bukan untuk kepentingan golongan "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo menuai kritik setelah mengadakam pertemuan dengan enam ketua parpol koalisinya di Istana Negara pada Selasa (2/5/2023).

Dilansir dari Joglosemarnews.com, kritikan dilontarkan oleh Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra. Ia menilai, Istana Presiden seharusnya digunakan untuk kepentingan rakyat dan bukan menjadi tempat untuk kepentingan golongan.

“Istana Presiden seharusnya digunakan untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Bukan untuk kepentingan pribadi, ataupun kelompok golongan tertentu,” ujarnya, dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (3/5/2023).

Herzaky juga mengkritik, menjelang akhir masa jabatannya, Presiden Jokowi justru tampak sibuk masuk ke ranah politik praktis. Ia juga mengkritik Jokowi yang turut mengintervensi koalisi parpol yang akan bertanding di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Jokowi Bahas Ini saat Bertemu 6 Ketum Parpol Tanpa NasDem, PPP Ungkap Duet Ganjar-Prabowo

Menurutnya, jelang akhir masa jabatannya, Jokowi agar tetap berfokus berkarya untuk negara. Dia juga menginginkan agar Jokowi selaku presiden menjaga ruang demokrasi yang sama untuk seluruh masyarakat.

“Sangat disayangkan kalau makin menjelang akhir masa jabatannya, presiden malah sibuk masuk ke ranah politik praktis, dukung-mendukung, apalagi intervensi proses koalisi atau kerja sama antar parpol dalam Pilpres 2024.” jelasnya.

Sementara itu, dikutip dari Detik.com, Prabowo mengungkap isi pertemuan itu dengan Jokowi. Salah satunya, Jokowi menitip pesan terkait perkembangan ekonomi Indonesia ke depan.

Baca Juga: Jokowi Bahas Ini saat Bertemu 6 Ketum Parpol Tanpa NasDem, PPP Ungkap Duet Ganjar-Prabowo

"Perkembangan terakhir di bidang ekonomi, ramalan semua negara besar, ramalan world bank, IMF, semua Indonesia bener-bener punya potensi bener-bener untuk menjadi negara maju," kata Prabowo.

Prabowo menyebut ekonomi Indonesia saat ini sudah di posisi ke-16 terbesar di dunia. Ke depan, kata dia, sangat mungkin Indonesia menjadi negara dengan perekenomian keempat terbesar di dunia.

"Sekarang kalau tidak salah GDP kita sudah 1,5 triliun, diperkirakan ekonomi kita sudah ke-16 terbesar dan diperkirakan kita sangat mungkin bisa menjadi ekonomi keempat terbesar di dunia kalau kita bisa pandai memanfaatkan keadaan. Jadi itu titipan beliau kepada kita-kita," ucapnya. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga